Tips Perawatan Burung Sirtu Agar Cepat Gacor

Bagi pecinta burung, tentunya familiar juga dengan yang namanya burung sirtu. Suara kicauan burung ini terbilang begitu khas, jika Anda mendengar suaranya, maka akan berbunyi “cipoooowww….”. Di tiap-tiap daerah sendiri burung ini memiliki beragam nama panggilan, seperti burung cito, diku, cipow, cipoh, sirtu dan lain sebagainya. Bentuk dari burung ini hampir serupa dengan burung kacer mini, namun warnanya saja yang berbeda, jika burung decu memiliki warna gelap atau hitam, sedangkan cipow memiliki variasi warna putih di sekitar sayap dengan warna burung kuning kehijauan. Biasanya, cipow ini berada di sekitar area hutan tropis, yang memiliki sarang di cabang pepohonan rendah yang berada di hutan.

Tips Perawatan Burung Sirtu Agar Cepat Gacor

Burung sirtu

Burung sirtu sendiri biasanya tersebar di Sumatra, Jawa, Kalimantan hingga Asia Tenggara. Burung cipow ini termasuk ke dalam sejenis burung pemakan buah-buahan dan serangga. Cipow terkadang sulit dibedakan antara burung jantan maupun betinanya. Sekedar informasi ada beberapa ciri-ciri burung jantan maupun betina untuk Anda semua. Ciri-ciri burung cipow jantan adalah suara kicauan burung memiliki banyak variasi, memiliki warna yang tajam dan kontras dibagian bulunya, tubuhnya berukuran sedikit panjang, lidah bagian dalam memiliki warna hitam dan kepalanya agak ceper. Sedangkan ciri-ciri burung cipow betina adalah bentuk kepalanya yang sedikit bulat, tubuhnya berukuran lebih pendek, kicauan burung terdengar monoton, bulunya memiliki warna hijau yang kurang cerah dengan warna putih kekuningan dibagian dalam lidahnya. Adapun harga sirtu bakalan biasanya berkisar antara Rp. 100.000-Rp.200.000. Meskipun begitu, sirtu termasuk burung yang juga laris di pasaran karena suara kicauannya yang khas.

Cara Merawat Burung Sirtu

Tips Perawatan Burung Sirtu Agar Cepat Gacor

burung cipow hutan

Cara merawat burung cipow ini sebenarnya hampir sama dengan cara merawat burung lainnya, namun Anda juga harus menyesuaikannya dengan karakter maupun sifat yang dimiliki oleh burung cipow tersebut. Bagi burung cipow hutan, sebagai proses penjinakan sang burung Anda harus memandikannya sedikit lebih sering tentunya harus disesuaikan dengan cuaca. Apabila Anda memiliki burung sirtu yang sedikit lebih jinak, maka Anda bisa mengurangi frekuensi mandinya dengan mandi sehari sekali. Anda juga bisa memberikan EF dan voer setiap 1 sdt di pagi dan sore hari secara rutin dan teratur setiap hari. Anda juga bisa merangsang kicauan burung agar lebih cepat berbunyi dengan memberikan ulat sebanyak 5 ekor di pagi dan sore hari, dan 2 ekor jangkrik pada pagi dan sore hari.

Perawatan Sirtu Agar Cepat Gacor (Berkicau)

Sebenarnya, burung cipow ini juga terbilang mudah berbunyi yang pasti Anda harus pandai-pandai memilih burung yang berkualitas. Nah, bagi Anda yang ingin membuat burung cipow lebih cepat berbunyi ikuti tips berikut ini:

Tips Perawatan Burung Sirtu Agar Cepat Gacor

burung cipow lebih cepat berbunyi

  1. Keluarkan burung di pagi hari saat sudah mulai agak terang kira-kira setelah subuh, embunkan burung sampai sinar matahari keluar.
  2. Lalu, mandikan burung sirtu menggunakan spray atau alat semprot hingga basah secukupnya saja, karena burung biasanya akan mandi sendiri setelahnya. Kalau bisa, Anda bisa menyiapkan tempat mandi untuk cipow agar mandi sendiri.
  3. Setelah itu, jemur cipow dengan secukupnya dan sediakan air minum saja di dalam kandang/sangkarnya.
  4. Angkat dan taruh cipow setelah setengah jam di tempat teduh.
  5. Beri makan burung cipow dengan memberinya buah-buahan.
  6. Lalu beri cipow ulat yang berwarna putih sebanyak 2-3 ekor (ulat hongkong). Anda juga bisa memberinya semacam serangga, seperti jangkrik kecil.
  7. Biarkan burung hingga menjelang sore, setelah itu mandikan.
  8. Anda bisa menikmati kicauan cipow setelah ia dimandikan, lalu dijemur dan juga diteduhkan.
  9. Anda bisa menyandingkan kicauan cipow yang Anda miliki dengan burung cipow yang sudah menjadi jawara.

Nah, itulah berbagai macam tips perawatan burung sirtu agar cepat gacor untuk pecinta burung cipow ini. Semoga bermanfaat!

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.