Tips Merawat Burung Trucuk Berkicau

Pecinta burung kicau pasti tidak asing dengan burung trucuk. Jenis burung kicauan ini memang masih mudah sekali kita dapati di alam liar. Trucuk memiliki cirri khas suara yang merdu, bahkan ada yang mengistilahkan kalau suara kicau trucuk mirip dengan suara burung cucak rowo. Jenis burung ini masuk dalam klasifikasi burung merbah. Kita bisa mendapati jenis burung ini didaerah sekitar tropis yang banyak menyediakan alam hijau, buah-buah dan serangga. Karena burung ini memang memakan jenis makanan tersebut. Trucukan sangat gemar memakan buah pisang, pepaya serta jenis buah lain yang memiliki daging buah lunak.

Tips Merawat Burung Trucuk Berkicau

burung trucuk yang indah

Suara burung trucuk yang indah menjadikan banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya. Selain untuk didengarkan suaranya, trucuk juga kadang dijadikan untuk master atau isian untuk jenis kicau ropel. Merawat burung trucuk juga sangat mudah. Bahkan jika burung trucuk tersebut baru saja ditangkap dari alam liar, burung tersebut akan cepat beradaptasi. Terlebih jika burung tersebut sudah mau makan di dalam sangkar, sehingga kemungkinan burung tersebut tetap hidup akan lebih besar. Sebab ada beberapa jenis burung yang cepat mati jika baru saja ditangkap dari alam liar. Setelah itu, Anda hanya tinggal merawatnya secara rutin. Sedangkan cara yang tepat dalam merawat trucuk cepat berkicau adalah sebagai berikut:

Memandikan burung trucuk

Tips Merawat Burung Trucuk Berkicau

Memandikan burung trucuk

Pada semua burung peliharaan, memandikan burung harus selalu rutin dilakukan setiap hari, terutama pada saat pagi hari setelah matahari terbit, antara rentang waktu jam 9-10 pagi. Sambil memandikan burung, sebagian kotoran burung juga dibersihkan supaya tidak menjadi sarang penyakit. Burung trucuk yang rutin dimandikan akan terjaga mood dan terhindar dari stress. Dengan demikian, kicau trucukan akan terdengar karena trucukan yang mengalami stres justru akan selalu diam dan bulunya rontok. Setelah memandikan dan menjemur selesai, lanjutkan dengan proses pemberian nutrisi alami.

Pemberian makanan

Tips Merawat Burung Trucuk Berkicau

Pemberian makanan burung trucukan

Burung trucuk yang sudah mau makan foor atau makanan buatan, maka tidak terlalu membutuhkan nutrisi tambahan. Sebab jenis makanan buatan tersebut sudah memenuhi takaran kebutuhan nutrisi untuk burung. Kita tinggal menambahkan nutrisi alami seperti pemberian serangga jangkrik. Pemberian makanan tambahan tersebut sebaiknya setelah trucukan dimandikan. Berikan kurang lebih 3-4 ekor jangkrik untuk memenuhi kebutuhan protein trucukan jantan dan betina. Pemberian nutrisi yang tepat tersebut bertujuan untuk menjaga kesuburan dan merawat bulu. Cara ini merupakan perawatan sehari-hari supaya trucuk gacor atau sering berkicau.

Terakhir adalah melatih burung dengan mendengarkan kicauan trucuk atau ditambah kicauan jenis burung lain. Semakin sering burung mendengarkan kicauan yang diputar melalui media music, trucukan akan menirukannya. Sebab, burung ini termasuk jenis burung yang mudah menirukan ocehan burung lainnya. Demikianlah cara merawat burung trucuk sering berkicau secara alami.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.