Tips Merawat Burung Lovebird yang Tepat

Burung lovebird merupakan salah satu burung yang berasal dari Benua Afrika. Burung ini memang berbeda dengan jenis burung-burung lainnya. Karena karakter yang dimilikinya cukup unik, burung ini sangat diminati oleh para pecinta burung untuk dipelihara. Suara lovebird tersebut memiliki keunikan tersendiri, dimana tidak sedikit orang yang memelihara burung ini untuk di rumah baik luar maupun dalam ruangan untuk sekedar diajak main bersama. Namun, sebenarnya memelihara lovebird membutuhkan perawatan yang teratur. Bahkan, banyak pecinta burung ini yang kurang memahami karakter burung tersebut sebenarnya merawat lovebird cukup mudah jika menerapkan hal-hal di bawah ini.

Tips Merawat Burung Lovebird yang Tepat

Burung lovebird

Tips Merawat Burung Lovebird yang Tepat

Kandang Burung Lovebird

Kandang Burung Lovebird

Ciri-ciri kandang yang sesuai untuk burung lovebird adalah menggunakan bahan besi pada bagian jeruji kandang. Jeruji besi tersebut dilapisi plastik untuk menghindari karat. Ukuran kandang yang sesuai untuk lovebird kurang lebih 25-35 inci serta memiliki ruang setidaknya bisa memuat 2 pijakan kaki burung. Sebab burung ini cukup lincah dan berpindah-pindah pijakan. Pilihlah pijakan yang ukurannya sesuai dengan cengkeraman kaki lovebird. Sangkar burung lovebird juga harus selalu terjaga kebersihannya karena burung ini rentang terserang penyakit snot yang mematikan. Selain itu, hal ini akan menyebabkan penyakit mata pada lovebird yang disebabkan oleh kandang yang kotor.

Tips Merawat Burung Lovebird yang Tepat

Makanan burung Lovebird

Makanan burung Lovebird

Burung membutuhkan makanan untuk hidup, namun makanan yang diberikan tidaklah sembarang sebab burung memiliki pencernaan yang sensitif. Jenis burung lovebird ini membutuhkan jenis makanan yang tepat, terutama jenis campuran beberapa jenis biji-bijian. Selain itu, burung lovebird juga menyukai jenis sayur seperti kubis, sawi dan buah apel. Kelengkapan nutrisi tersebut menjadi bagian dalam cara merawat lovebird sehari-hari. Anda juga harus merawat kebersihan yang akan diberikan untuk burung lovebird serta menghentikan pemberian makanan tertentu yang menyebabkan burung mengalami alergi atau efek samping dari jenis makan tersebut.

Tips Merawat Burung Lovebird yang Tepat

melatih burung lovebird

Menjaga mood dan melatih burung lovebird

Burung di dalam sangkar tentu mudah stres, sebab habitat aslinya adalah dialam bebas. Namun untuk kepentingan hobi, banyak penggemar burung yang memelihara di sangkar. Nah, supaya burung tidak mudah stres, maka burung juga membutuhkan perawatan ringan sehari-hari, seperti memandikan burung lovebird yang caranya bisa menggunakan bak mandi burung atau disemprot air. Waktu yang tepat adalah saat pagi hari. Kemudian burung dijemur kurang lebih 1jam sekitar pukul 8-9 pagi. Lakukan cara ini setiap hari supaya burung tidak mudah stress. Anda juga bisa memutar suara masteran lovebird dari mp3 untuk melatih kicauan dan beradu kicau.

Selain itu, Anda juga bisa member hiburan untuk lovebird dengan memberikan mainan di dalam kandang seperti ayunan burung, gelang burung, bola warna warni. Ini dikarenakan, jenis burung ini menyukai jenis warna yang cerah mencolok seperti merah, biru, kuning dan sebagainya. Demikianlah cara perawatan burung lovebird yang baik dan mudah. Semoga bermanfaat untuk Anda pecinta lovebird.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.