Tips Mengatasi Mbagong Pada Burung Kacer

Burung kacer adalah satwa burung yang berjiwa petarung. Burung ini akan menjaga daerah kekuasaanya dengan ketat. Setiap ada jenis burung lain yang memasuki area kekuasaanya maka burung tersebut akan mengusirnya. Cara mengusir burung tersebut misalnya menggunakan kicauan. Hasil suara kacer saat berkicau sangat merdu dan indah. Padahal, suara tersebut bisa saja berarti menantang atau mengusir. Tetapi bagi kita pecinta burung kicau, tentu itu akan menjadi hal yang menarik untuk kita dengar. Dengan begitu, banyak yang sengaja memelihara burung ini baik untuk hobi maupun beradu kicau di arena lomba, sebab burung ini termasuk petarung tangguh.

Jenis kacer yang paling sering kita jumpai adalah jenis kacer jawa. Burung ini memiliki nama ilmiah copsyichus. Ciri-ciri burung kacer ini adalah memiliki warna hitam dan putih bulunya. Jenis burung habitat jawa ini suaranya sangat keras, terutama suara kacer gacor yang sangat nyaring bisa didengar sampai jauh. Bahkan, kacer jawa ini juga memiliki kemampuan mudah menirukan suara burung lain, sehingga banyak yang memelihara kacer untuk dijadikan burung lomba. Dalam hal ini, tentunya mereka memilih dari kualitas dan merawatnya dengan baik.

Namun jenis burung ini selain memiliki jiwa petarung, kacer juga sering mengalami kelainan, seperti yang sering terjadi adalah mengalami kacer mbagong. Ini termasuk dalam jenis kelainan pada burung kacer. Mbagong merupakan tingkah laku kacer yang tidak sewajarnya, jika burung kacer sudah berperilaku layaknya bagong, maka pemiliknya tentu sudah sangat kecewa. Kelainan ini sering disebabkan oleh kesalahan perawatan burung. Berarti ada hubungannya dengan kita seperti apa dalam merawat kacer tersebut. Tapi jangan khawatir, kelainan mbagong pada kacer masih bisa diatasi dengan memberikan nutrisi EF, memandikan dan menjemur burung. Perlahan-lahan mbagong pada kacer bisa sembuh dengan sendirinya.

Jika kelainan tersebut sudah bisa disembuhkan. Maka setelah itu, Anda harus rutin merawatnya, mulai dari pemberian nutrisi, memandikan dan jemur, serta jika ingin memiliki kacer kualitas lomba, maka harus rajin melatih burung kacer untuk berkicau. Supaya gacor atau sering berkicau, Anda membutuhkan cara melatih yang benar, seperti menutupi sangkar burung kacer dengan sarung berwarna gelap. Kemudian letakkan di tempat yang sepi sambil mendengarkan master suara kicauan. Lakukan cara out setiap burung selesai dijemur, maka Anda bisa memiliki kacer lomba yang siap untuk diuji di arena lomba burung.

Demikianlah seputar pengetahuan tentang jenis burung aduan atau kicauan pada kacer. Semoga ulasan singkat ini bisa menambah referensi Anda tentang koleksi burung dan cara merawatnya dengan benar. Namun, alangkah lebih baiknya jika kita membiarkan burung hidup bebas di alam lepas. Ini dikarenakan, banyak jenis-jenis burung yang kini hampir mengalami kepunahan, termasuk burung kacer yang kini semakin sulit ditemukan di alam bebas.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.