Tips Memilih dan Mengetahui Pasaran Harga Murai Batu Bakalan

Budidaya burung kicau akhir-akhir ini sedang popular di kalangan masyarakat. Bisa disaksikan, hampir disetiap rumah pasti memiliki koleksi burung dengan sarangnya yang menggantung. Jenisnya pun bermacam-macam. Namun salah satu yang menarik adalah jenis murai batu. Harga murai bakalan yang cukup terjangkau daripada yang dewasa membuat burung ini lebih dilirik karena lebih miring. Namun sebelum membeli kenali dulu apa itu murai batu.

Tips Memilih dan Mengetahui Pasaran Harga Murai Batu Bakalan

murai batu bakalan

Murai batu merupakan salah satu burung yang mempesona dikalangan kicau mania alias hobi burung kicau. Hal ini dikarenakan kicauannya yang merdu, dan perilakunya yang aduhai saat bergelut dengan murai batu jantan yang lain. Dengan ekor panjang yang di kibas-kibaskan keatas kebawah diiringi kicauan yang merdu memang sangat memukau bagi para penggemar burung berkicau.

Untuk harga murai bakalan dengan jenis yang berbeda memiliki selisih yang cukup. Ada yang seharga Rp 100.000 hingga Rp 600.000, harga yang cukup menguras kantong anda, terlebih dengan jumlah segitu baru mendapat bakalan murai batu. Namun kalau anda ingin yang dewasa, sudah tentu harganya lebih mahal.

Sebagai contoh saja, untuk harga bakalan murai batu dipatok harga Rp 700.000 sampai Rp 900.000, ini untuk jenis murai batu muda hutan. Tingkat kesulitan yang dialami para pemikat dalam mendapatkan seekor murai batu membuat nilai selangit untuk satu buah murai batu muda hutan. Namun untuk harga tersebut masih bisa berubah lagi kalau sudah sampai pengepul. Biaya operasional yang telah mereka keluarkan untuk memberi makan murai batu, serta keluaran (output) dari hasil perawatan di tangan pengepul cukup berdampak menaikkan harga murai batu muda hutan di pasaran. Rata-rata varian harga di pengepul yang berubah sejak dari para pemikat adalah berkisar Rp 1.200.000 sampai Rp 1.750.000 untuk kondisi belum makan voer. Sedangkan untuk kondisi yang sudah makan dan mulai bunyi berkisar Rp 1.500.000 sampai Rp 3.500.000.

Tips Memilih dan Mengetahui Pasaran Harga Murai Batu Bakalan

murai batu muda hutan

Apabila anda tertarik ingin beternak murai batu, ada sedikit informasi yang bisa dijadikan referensi untuk anda beternak.

Bakalan yang baik adalah bakalan murai batu yang sehat tentunya. Bisa dilihat dari warna kakinya yang hitam pekat. Ini ciri khas murai batu yang memiliki sifat berani dan kuat. Selain itu janganlah memilih bakalan murai batu dengan selaput mata putih. Karena ini ada gejala katarak pada matanya. Pilih juga ekor yang memiliki kerapatan cukup dan tidak telalu tebal. Yang penting juga, pilihlah bentuk yang proposional dan seimbang dari burung murai batu mulai dari bentuk leher, kepala, kaki dan seluruh tubuh.

Dengan begitu, anda akan mendapat jenis bakalan murai batu yang berkualitas dan dapat dengan mudah dikembangbiakkan. Rawatlah dan berikan asupan gizi yan cukup agar burung cepat berkembangbiak. Bila hasil rawatannya baik, tumbuh kembangnya maksimal makan nilai jual di pasaran murai batu bakalan akan tinggi. Terlebih bila burung tersebut termasuk tipikal burung juara. Nilainya pasti akan berlipat-lipat, sehingga menjadikan salah satu mata pencaharian baru yang menjanjikan.

Tips Memilih dan Mengetahui Pasaran Harga Murai Batu Bakalan

Murai Batu Jambi

Pada akhirnya, usaha yang dimulai dari hobi tentunya akan mendatangkan keuntungan serta kabahagian bagi pengusahaanya. Oleh karena itu harga bakalan murai batu yang cukup mahal tersebut bukanlah halangan bagi pehobi burung kicau untuk memulai usahanya. Karena kedepannya hasil yang akan didapatkan pasti akan jauh melebihi modal awal, tentunya dengan kesabaran dan ketekunan yang tinggi.

Semoga bermanfaat.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.