Tips Memilih dan Memelihara Anakan Indukan Kenari Lokal Import 2015

Bisnis burung kenari marak dilakukan mengingat info harga burung kenari yang cukup tinggi. Peternak burung kenari bisa menjual produk yang berkualitas lokal dengan harga kenari indukan sekitar Rp 175.000,00 per ekornya. Bagi peternak yang berbisnis indukan kenari import, harga yang dipatok untuk setiap ekor burung berkisar pada harga Rp 1.000.000,00 hingga Rp 4.000.000,00. Tentunya harga tersebut bervariasi berdasarkan jenis dan kualitas dari burung kenari yang dijual.

Bagi anda yang sedang akan memulai beternak kenari, hal pertama yang perlu diperhatikan dalam beternak burung ini adalah cara beternak. Burung kenari bukan hewan yang mudah diternakkan. Peternak kenari juga mempertimbangkan cara agar anakan kenari yang dihasilkan dapat memiliki kualitas yang bagus dengan postur tubuh bongsor. Hal ini mengingat semakin bagus kualitas burung kenari maka semakin tinggi harga jual kenari indukan tersebut. Permintaan pasar juga biasanya banyak yang meminta burung kenari dengan postur bongsor.

Tips Memilih dan Memelihara anakan indukan kenari lokal import 2014

memilih indukan kenari

Memilih Indukan Kenari

Memilih kualitas indukan yang terbaik sangat penting dilakukan untuk mendapatkan anakan dengan kualitas yang baik juga. Indukan yang berkualitas baik adalah indukan yang dahulunya dibesarkan oleh indukan kenari dan bukan oleh tangan manusia. Burung kenari yang dibesarkan oleh tangan manusia telah kehilangan naluri alaminya dalam mencari makan maupun membesarkan anaknya. Hal ini menyebabkan indukan yang dibesarkan oleh tangan manusia tidak bisa menjadi indukan yang baik dan tidak mampu membesarkan anakan hingga menjadi berkualitas bagus.

Ketika memilih kenari, perhatikanlah postur tubuh dari indukan kenari tersebut. Postur tubuh indukan akan menentukan postur tubuh dari anakan yang dihasilkan. Perhatikan juga warna atau tingkat kecerahan dari bulu burung kenari tersebut, serta kelincahan yang ditunjukkan oleh burung.

Tips Memilih dan Memelihara anakan indukan kenari lokal import 2014

memilih pakan kenari

Memilih pakan kenari

Dalam beternak burung kenari, setelah menemukan indukan kenari dengan kualitas yang tinggi, maka selanjutnya adalah memilih pakan yang tepat untuk diberikan pada burung kenari tersebut. misalnya saja jika anda menginginkan memiliki anakan indukan kenari ys yang berkualitas bagus dan dapat dijual dengan harga yang tinggi, maka anda harus memberikan pakan yang juga memiliki kecukupan gizi yang baik dan berkualitas bagus.

Memilih pakan kenari yang berkualitas dapat berupa pakan yang berbentuk biji-bijian. Untuk membuat pakan ini lebih memiliki gizi yang cukup bagi pertumbuhan burung kenari, pakan tersebut dapat dicampur dengan tambahan vitamin maupun makanan tambahan yang dibuat dari telur puyuh. Makanan tambahan ini dapat dijadikan pakan untuk burung kenari tersebut dalam jangka waktu satu dalam tiga hari. Selain itu, dapat pula ditambahkan dengan makanan yang berasal dari buah atau sayur seperti selada yang diberikan untuk pakan setiap hari. Agar pakan lebih memiliki gizi, maka dapat ditambahkan bubuk kalsium maupun tulang sotong yang dapat berguna untuk membantu proses penyempurnaan ketika pembentukan dari kulit telur sedang berlangsung.

Tips Memilih dan Memelihara anakan indukan kenari lokal import 2014

memandikan burung kenari

Memandikan Burung Kenari

Hal yang tidak kalah penting dalam beternak burung kenari adalah menjaga kebersihan burung. Menjaga kebersihan burung kenari dapat dilakukan salah satunya dengan rajin memandikan burung kenari. Memandikan burung kenari dilakukan dengan menyemprot burung dengan sprayer, kemudian menjemurnya ketika matahari pagi masih bersinar.

Perawatan dan pemilihan indukan kenari yang tepat akan memberikan anda jaminan bahwa anda akan mendapatkan anakan yang berkualitas tinggi. Anakan indukan kenari dengan kualitas tinggi akan memberikan anda keuntungan yang lebih karena dapat dijual dengan harga jual kenari indukan yang tinggi, terutama jika anda beternak anakan indukan kenari ys.

Semoga bermanfaat.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.