Burung zebra finch atau dalam bahasa latinnya Taenopygia guttata, merupakan salah satu dari dua spesies yang ada dalam genus Taenopygia dari keluarga Estrildidae. Burung dengan bentuk perawakan yang kecil namun lincah ini juga memiliki keelokan bulu yang berwarna-warni. Oleh karena itu, cantiknya burung ini banyak membuat peminatnya ingin mengoleksinya. Motif belang layaknya zebra cross untuk penyebrangan jalan, membuat alasan mengapa burung ini dinamai burung zebra finch. Jenis burung yang lebih familiar disebut burung pipit zebra ini banyak dijumpai di Pulau Timor, baik yang termasuk wilayah Indonesia maupun Timor Leste, serta Australia. Dan sampai saat ini sudah dibiakkan di Portugal, Brazil, Puerto Rico, hingga Amerika Serikat.

Tips Memelihara dan Cara Penangkaran Burung Zebra Finch
zebra finch betina

Membedakan Zebra Finch Jantan dan Pipit Zebra Betina

Dalam membedakan jenis kelamin burung zebra finch hampir sama dengan jenis burung kicau yang lain. Burung jantan dan betina yang sudah dewasa memiliki perbedaan nyata dari penampilan fisiknya.

Pola garis di dagu serta bentuk paruh yang gelap merupakan salah satu ciri burung zebra finch jantan. Selain itu bulu-bulu yang cerah dan berwarna-warni, dengan garis hitam pada bagian dadanya, turut menambah cantik tampilan burung ini. Sedangkan untuk burung pipit zebra betina, paruhnya lebih terlihat oranye dengan warna paruh yang lebih terang. Burung pipit zebra betina tidak memiliki bintik-bintik putih pada sayapnya. Namun warna pipinya terlihat menyerupai warna bulunya atau terkadang abu-abu muda.

Dewasa ini sedang dikembangkan proses mutasi warna pada burung zebra finch di daerah Eropa dan Amerika. Hasilnya dapat dilihat berupa varian baru dari burung jenis ini. Namun sayangnya, untuk para pemula kadang sulit untuk membedakan jenis kelamin burung pipit zebra ini walau hanya dari tampilan warnanya. Apabila hasil mutasi tersebut merupakan sifat tunggal, warna paruh dapat dijadikan patokan mengenai jenis kelamin. Artinya, jika paruh berwarna oranye berarti zebra finch betina, dan kalau merah-gelap berarti zebra finch jantan.

Tips Memelihara dan Cara Penangkaran Burung Zebra Finch
kandang burung pipit zebra

Persiapan Ukuran Kandang Penangkaran Zebra Finch

Untuk memulai penangkaran, anda kudu menyiapkan terlebih dahulu kandang penangkaran untuk burung zebra finch ini. Sebenarnya, tidak ada patokan baku mengenai ukuran kandang penangkaran. Sama seperti penangkaran murai batu dan kenari, anda bisa menggunakan kandang soliter maupun koloni, tergantung keinginan dan kemampuan ekonomi masing-masing.

Tips Memelihara dan Cara Penangkaran Burung Zebra Finch
makanan zebra finch

Persiapan Jenis Makanan Zebra Finch

Selama proses berkembang biak, burung zebra finch lebih baik diberikan makanan yang bergizi tinggi dan bervariasi. Walau makanan utama burung ini adalah biji-bijian, lebih baik lagi jika diberikan bahan makanan bergizi tinggi seperti buah segar, millet,  dan telur rebus sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan burung dalam kandang penangkarannya. Pada dasarnya bentuk kedisiplinan dalam memberikan pakan dan multivitamin yang tepat dapat menghindarkan burung pipit zebra ini dari beberapa masalah kesehatan. Selain itu juga harus diperhatikan ketersediaan air minum yang bersih setiap hari.

Pada akhirnya, untuk memperoleh hasil optimal pada masa 3P (perkenalan, perjodohan, perkawinan), sampai pada proses bertelur dan meloloh anakan, bisa ditambahkan multivitamin sebagai pendukung tumbuh kembang anakan. Selain berdampak positif terhadap indukan burung zebra finch, multivitamin ini juga membuat perkembangan anakan lebih sehat dan relatif tahan terhadap penyakit.

Semoga bermanfaat.