Tips Cara Merawat Burung Pleci Lomba Menjelang Kontes

Sahabat burung kicau, kontes pleci akhir-akhir sudah menjadi trend dan banyak dilaksanakan di berbagai daerah di indonesia. Yang menjadi peserta lombanya pun bukan sembarang, bahkan ada yang lintas pulau. Hal ini semakin menambah bukti bahwa pecinta burung pleci semakin menjamur dari hari ke hari. Burung yang juga sering disebut burung kacamata ini mendadak jadi idola karena harganya yang relatif murah dan kicau pleci kacamata yang syahdu. Oleh karena itu pleci menjadi alternatif peliharaan yang pas untuk para pehobi burung kicau selain murai batu, cucak rawa, kenari dan jenis burung kicau lainnya. Jadi bagaimanakah tips merawat burung pleci lomba sebelum tarung?

Tips Cara Merawat Burung Pleci Lomba Menjelang Kontes

pleci lomba

Merawat burung pleci ketika sebelum lomba sepintas hampir sama dengan teknik merawat burung harian. Namun tetap saja perbedaan itu selalu ada, yaitu pada pemberian pakan dan treatment tambahan. Tips berikut adalah sedikit pengalaman pleci mania yang sudah mencoba dan berhasil. Cara ini kerap dilakukan oleh pecinta pleci yang sudah lama bergelut dalam bidang per-pleci-an. Sebelum membahas lebih lanjut tentang tips merawat burung pleci lomba sebelum tarung, kalian mungkin tertarik membaca artikel lain tentang cara perawatan pleci gacor dan rajin bunyi.

Tips Cara Merawat Burung Pleci Lomba Menjelang Kontes

perawatan pleci lomba

Setelah kalian membaca artikel burung pleci di atas, berikut ini beberapa langkah merawat burung pleci lomba sebelum tarung :

  1. Kita ambil contoh, lomba pleci akan dilaksanakan pada hari sabtu. Yang harus kalian lakukan pada malam sabtunya adalah memandikan pleci atau menyemprotnya. Lakukan pada sekitar jam 19.00 sampai 20.00 malam. Semprot dengan perlahan pada jarak ½ meter dan pastikan pleci basah kuyup.
  2. Setelah pleci basah kuyup, pindahkan ke tempat yang lebih terang untuk proses pengeringan. Saat diangin-anginkan ditempat yang ada lampunya tersebut, berikan tambahan makanan 2 sendok teh kroto dan 3 ekor ulat hongkong putih.
  3. Selanjutnya biarkan istirahat total sampai pagi harinya dan pastikan dalam keadaan dikerodongi full.
  4. Pagi harinya, lakukan proses pemandian seperti langkah pada poin satu.
  5. Lakukan pengecasan pleci selama 15 menit dengan membuka kerodong pada saat pleci sudah berada di lapangan tempat berlangsungnya perlombaan. Biarkan kicau pleci kacamata menggema di lapangan.
  6. Jangan lupa kerodong kembali pleci kalian setelah 15 menit.
  7. Lakukan pembersihan kandang dari sisa makanan yang ada. Ambil wadah air minum dan semua pakan dalam kandang sebelum digantang.

Tujuh langkah di atas bisa kalian lakukan saat akan melombakan pleci. Sedikit tambahan saja, ciri khas burung pleci lomba yang bagus adalah menunjukan sikap agresif dan tentu saja selalu gacor di mana pun berada. Yang lebih bagus lagi ketika didekati manusia, kicau pleci kacamata senantiasa terus berbunyi. Dengan begitu, pleci kesayangan kalian sudah siap untuk dilombakan dan bertarung untuk menjadi pleci jawara. Demikian sedikit tips tentang merawat burung pleci lomba sebelum tarung untuk para pecinta burung kicau.

Semoga bermanfaat.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.

2 Replies to “Tips Cara Merawat Burung Pleci Lomba Menjelang Kontes”

  1. Jangan lupa untuk membawa cewekannya juga saat pleci mau digantang.. dan pisahkan dengan ceweannya, berikan UH 2 ekor, tempel/ koloni dengan pleci lainnya sampai kira-kira 1 sesi sebelum digantang, berikan UH 2 ekor sebelum di trek dengan pleci lainnya, angkat tinggi sebentar sampai dia ngalas-ngalas sebentar, lalu gantang.

    1. mantap bro, nice share (y)

Comments are closed.