Tips Ampuh Menjinakkan Jalak Nias

Selamat sore sobat burung kicau. Langsung saja pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi pengetahuan tentang spesies burung kicau yang pandai namun kerap disebut sebagai hama tanaman. Bagi sebagian petani, mereka amat membenci burung kicau yang satu ini. Dan mereka menyebutnya burung tak tahu diurus.

Perkenalkan sobat, namanya adalah burung jalak nias. Burung yang persebarannya sampai ke dataran eropa bahkan afrika ini menjadi idola tersendiri bagi penggemarnya. Mungkin sebagian orang menyangka kalau burung jalak nias ini berasal dari daerah yang sama dengan namanya. Meski tidak menyalahkan tapi kebanyakan burung ini ditangkar di luar negeri. Jadi memang benar apa kata petani tadi kalau burung ini tak tahu diurus. Persebarannya yang melimpah namun masih sedikit yang ingin menangkarnya. Padahal harga jalak nias cukup tinggi dan sebenarnya ini adalah peluang besar.

Tips Ampuh Menjinakkan Jalak Nias

jalak nias jantan

Bagaimana Merawat Burung Jalak Nias?

Ternak jalak nias, perawatannya tidak berbeda jauh laiknya merawat burung kicau jenis lainnya. Namun untuk jenis burung jalak nias kadang lebih sukar untuk membedakan jenis kelaminnya. Namun menurut yang berpengalaman, burung jalak nias betina tidak akan mengepakan jambulnya ketika berkicau. Untuk warna bulu, sang jantan warnanya lebih tegas dan berkarakter dengan kuku panjang yang menghiasi jari-jarinya.

Jenis perawatan harian burung jalak nias adalah dengan pemberian pakan teratur dan mengganti air minum secara rutin. Burung jalak nias doyan makanan apa saja karena sifat omnivoranya, sehingga jangkrik, udang maupun biji-bijian mereka suka. Satu lagi, sifatnya yang gemar mandi, maka sediakan wadah khusus agar burung jalak nias dapat mandi dengan puas. Oiya, sebagai pemakan serangga, burung jalak nias lebih suka diberi jangkrik atau belalang 3-4 ekor tiap harinya. Multivitamin juga penting untuk proses perkembangan hidupnya, jadi berikan 2-3 hari sekali.

Tips Ampuh Menjinakkan Jalak Nias

jalak nias anakan

Bagaimana Menjinakkan Jalak Nias?

Keinginan peternak dalam menangkar burung kicau khususnya burung jalak nias ini selain agar gacor dan rajin bunyi tentu saja agar burung ini jinak. Karena kebanyakan burung jalak nias ini ketika awal penangkaran pasti susah diam. Nah bagaimana mengendalikannya agar burung jalak nias cepat jinak? Mudah saja. Mandikan burung jalak tersebut sampai bulu-bulunya basah kuyup. Mengapa demikian? Karena pasca dimandikan burung jalak akan merasakan lapar, dan disitulah proses penjinakan dimulai. Berikan jangkrik dengan menggunakan lidi agar burung mau diarahkan. Cara ini memang tidak instan membuat burung langsung jinak. Butuh kesabaran untuk menjinakkan burung jalak nias. Ketika proses tersebut dilakukan terus menerus lama kelamaan burung jalak nias akan nyamber tangan kita untuk mengambil jangkriknya.

Demikian pembahasan tentang sekelumit burung jalak nias. Bagi sobat burung kicau yang ingin mencoba menangkarnya, jangan ditunda-tunda lagi, inilah waktunya, mumpung yang lain masih fokus pada penangkaran burung kicau lainnya seperti kenari dan murai batu.

Semoga bermanfaat.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.