Tips Ampuh Memilih Burung Pleci Ombyokan

Selamat pagi sobat burung kicau. Apa kabar anda hari ini? Bagaimana kabar pleci kesayangan anda? Pada artikel sebelumnya yang membahas tentang tips merawat pleci agar gacor dan rajin bunyi, anda pasti sudah memahami step-by-step perawatan tersebut. Sedikit mengulas bahasan yang lalu, burung pleci merupakan burung yang memiliki postur kecil, hanya dengan panjang 8 cm dan tinggi 6 cm. Kombinasi warna hijau kekuningan menghiasi bulu bulu pleci kebanyakan. Dijual dengan harga 30 ribuan per ombyokan, burung ini memiliki pasar kaum menengah kebawah. Namun tak jarang, dari harga pleci ombyokan tersebut bisa berubah menjadi harga fantastis untuk sebuah burung pleci juara dengan kicauan merdu. Nah pertanyaannya adalah bagaimanakah cara memilih pleci omboyokan yang bagus?

Tips Ampuh Memilih Burung Pleci Ombyokan

pleci ombyokan

Ada beberapa hal penting yang harus sobat burung kicau jadikan patokan dalam memilih burung pleci ombyokan. Kedepannya diharapkan burung pleci ombyokan tersebut merupakan burung juara dengan kicauan yang bagus dan bernilai jual tinggi. Yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

1.Memiliki jenis kelamin jantan

Bagi sebagian jenis burung kicau, burung dengan jenis kelamin jantan adalah yang bisa berbunyi. Sama halnya burung pleci, seperti yang kita ketahui bersama hanya pleci jantan yang memiliki lantunan suara yang baik. Sedikit kita ulas mengenai ciri pleci jantan bagi sobat burung kicau sekalian yang mungkin masih belum paham.

Burung pleci jantan umumnya memiliki postur tubuh yang lebih panjang ketimbang pleci betina. Tampak lebih dominan, pleci jantan juga berkepala besar dan memiliki paruh besar nan panjang. Warna bulu yang terlihat kontras dan bersih semakin menambah pesona burung kacamata ini. Bicara mengenai kacamata, lingkar pleci jantan cenderung lebih tebal dan berwarna putih bersih. Secara keseluruhan, pleci jantan terlihat lebih lincah dan responsif serta nada panggil yang lantang.

2. Mengetahui usia burung

Untuk memilih burung pleci ombyokan yang bernilai jual tinggi dan berprestasi, pastikan anda memilih pleci yang berusia muda. Mengapa demikian? Pleci berusian muda memiliki peluang besar untuk tingkat keberhasilan mencetak pleci ombyokan sesuai keinginan kita. Selain itu juga lebih cepat dan mudah beradaptasi dengan lingkungan manusia. Menurut pendapat orang-orang di pasaran yang membeli pleci ombyokan, memilih pleci usia muda itu memiliki tingkat stress yang lebih rendah ketimbang burung pleci ombyokan berusia dewasa. Proses masteringnya pun juga relative mudah. Sehingga nantinya akan lebih mudah membentuk karakter si burung.

3. Ilmu Katuranggan.

Bagi sebagian sobat burung kicau pasti sudah tahu tentang katuranggan. Khususnya bagi pecinta pleci ombyokan, anda harus paham betul tentang katuranggan. Katuranggan merupakan informasi-informasi mengenai tampilan fisik yang akan menentukan suatu performa burung. Katuranggan disusun berdasarkan pengalaman dan diuji selama bertahun-tahun oleh orang-orang sebelum kita. Ya bisa dibilang kalau katuranggan itu primbonnya burung kicau.

Lalu bagaimanakah katuranggan yang baik agar ketika kita memilih pleci ombyokan itu hasilnya akan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Berikut ulasannya:

  1. Pleci yang baik sesuai dengan katuranggan itu memiliki postur badan panjang proposional terhadap kaki, leher dan ekor. Kaki pleci jenjang panjang serta jari jari juga panjang dan kering.
  2. Pleci juga memiliki kepala lebih besar berbentuk kotak dengan dahi menonjol. Bentuk paruh panjang dan lurus, tidak terlau tebal juga tidak terlalu tipis.
  3. Bentuk leher pleci itu panjang dan tebal berisi. Sama halnya bentuk dada burung pleci itu berbidang lebar dan berisi.
  4. Pesona bulu mengkilap, kering dengan ekor yang juga panjang dan rapi.
  5. Bergerak lincah kesana kemari dan mampu berdiri kuat 30-45 derajat dengan mata bulat besar molotot.
Tips Ampuh Memilih Burung Pleci Ombyokan

pleci katuranggan

Setelah menemukan burung pleci ombyokan sesuai dengan kriteria diatas, pastikan juga pilih burung pleci yang memiliki indera tajam dan responsif terhadap bunyi bunyian. Sedikit tips untuk sobat burung kicau, bawalah rekaman suara pleci dan putarlah saat memilih pleci ombyokan. Disitu anda akan melihat pleci mana yang merespon dengan nada panggil lantang, dan itulah jenis pleci yang harus anda pilih.

Setelah sobat burung kicau mendapatkan pleci ombyokan yang sesuai, maka rawatlah cikal bakal pleci juara tersebut. Pastikan perawatan yang baik dengan pola makan yang tepat. Selamat memilih burung pleci ombyokan. Semoga bermanfaat.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.

One Reply to “Tips Ampuh Memilih Burung Pleci Ombyokan”

  1. Artikel diatas merupakan artikel yang menarik, setelah kita bisa memilih pleci ombyokan yang prospek untuk dipelihara maka langkah selanjutnya yaitu untuk menjinakkan burung pleci, maka dari itu baca artikel dari kami “cara menjinakkan burung pleci”

Comments are closed.