Tips Ampuh Cara Mastering Kenari

Selamat sore sobat burung kicau sudah lama tidak bersua, kalian sehat? Oiya, apakah kalian seorang kenari holic? Sudah berapa banyak dan jenis kenari apa saja yang kalian perlihara? Berbicara tentang memelihara burung kenari, sudah banyak artikel burung kicau yang membahas tentang itu. Nah jika kalian seorang maniak kenari pastinya kalian sudah paham tentang mastering kenari. Namun bila ada diantara sobat burung kicau yang masih kurang paham dalam artikel kali ini kami mencoba membahasnya. Mari kita simak ulasannya.

Tips Ampuh Cara Mastering Kenari

mastering kenari

Mastering kenari merupakan kegiatan melatih seekor burung kenari dengan cara mengeksplorasi suara burung dan mengkombinasikannya dengan suara yang kita inginkan. Jadi, seekor burung kenari yang kita master nantinya akan berkicau menirukan suara burung lain. Sebenarnya mastering kenari ini banyak dikembangkan di Indonesia dan belum ada Negara lain yang melakukan kegiatan ini. Metodenya pun beragam, dari menggunakan rekaman kaset sampai didekatkan dengan burung yang ingin dimaster. Sehingga dipasaran banyak istilah kenari isian sanger,  ciblek, kacer dan yang lainnya.

Antusiasme para pecinta burung kenari dalam mengikuti kontes turut berpengaruh pada fenomena mastering kenari. Banyaknya kolaborasi dan sharing knowledge tentang kenari antara pemain lama dan pemain baru mengubah paradigma bahwa kontes kenari adalah kenari masteran. Mereka meyakini bahwa mastering kenari bermaksud untuk memperbaiki kicauan burung lain agar lebih ciamik bila dibawakan oleh burung kenari. Apalagi jika melihat sosok persilangan kenari f1 di sebuah kontes pasti banyak sekali orang awam yang tertarik. Hasil persilangan antara kenari import yang memiliki postur bongsor dipadukan dengan kicauan khas kenari lokal itulah yang menarik perhatian pengunjung untuk menyaksikannya.

Tips Ampuh Cara Mastering Kenari

indukan kenari f1

Tips Mastering Kenari

  • Lakukan mastering kenari pada usia muda. Usia kenari yang baik untuk mastering adalah kenari usia 1-1,5 bulan atau biasa disebut kenari bahan. Hal ini dikarenakan pada usia-usia tersebut daya ingat burung masih tajam sehingga ketika didengarkan suara burung master maka kenari anda akan mudah menangkapnya.
  • Lakukan mastering kenari secara rutin dan berkesinambung. Maksudnya adalah perdengarkan suara isian dengan rutin dan jangan berhenti seketika. Termasuk ketika kenari sudah lancar menirukan suara burung yang lain, anda harus tetap memutarkan suara master tersebut. Setelah memasuki usia 7-9 bulan, kenari biasanya sudah bisa lancar dengan suara isian. Tetapi tetap harus memastering secara berkesinambung.
  • Pilihlah kenari unggulan yang jelas asal dan usulnya, serta berasal dari indukan yang handal. Biasanya anakan juga membawa factor gen dan tingkat kecerdasan yang hampir mirip dengan induknya.
  • Tentukan lokasi yang mendukung agar kenari cepat menirukan isian. Kenari akan merasa bingung jika banyak suara gaduh. Lingkungan yang sepi dan alami akan membuat kenari lebih nyaman dan memudahkan proses mastering kenari.
  •  Proses mastering yang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup, sehingga membutuhkan tingkat kesabaran yang lebih bagi anda yang ingin sukses dibidang mastering kenari.
Tips Ampuh Cara Mastering Kenari

burung ciblek

Bahan Mastering Kenari Yang Baik

Untuk penghobi burung kicau khususnya pecinta suara masteran, berikut kami berikan pilihan suara isian kenari yang bagus dan banyak digunakan. Dan maaf apabila kami belum bisa memberikan masteran burung dalam bentuk file mp3 untuk didownload. Oke, berikut ini adalah beberapa suara burung yang dapat dijadikan bahan mastering kenari :

  • Manyar
  • Burung Prenjak
  • Sanger
  • Jalak Suren/jalak Uret
  • Burung Ciblek
  • Cililin
  • Lovebird
  • Blackthroat Afrika
Tips Ampuh Cara Mastering Kenari

burung cililin

Pilihan diatas merupakan alternative pilihan yang lebih sering digunakan pecinta kenari untuk bahan mastering, Suara kenari isian sanger masih menjadi idola dalam kontes atau lomba burung kicau kenari. Namun tidak menutup kemungkinan apabila sobat burung kicau memiliki pilihan yang lain untuk dicoba.

Demikian pembahasan mengenai mastering kenari, selebihnya sobat burung kicau bisa melihat ulasan lainnya yang berkaitan tentang tips dan merawat ataupun memastering kenari. Sebagai benang merahnya, sama halnya seperti ternak kenari, untuk memastering kenari juga diperlukan kesabaran, oleh karena itu jangan pernah menyerah dan mencoba. Berikut kami berikan video mastering kenari import, bisa anda jadikan bahan isian kenari anda.

Semoga bermanfaat.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.