Persilangan Emprit Jepang Dengan Kenari, Mungkinkah?

Persilangan Emprit Jepang dengan Kenari merupakan sebuah upaya untuk mendapatkan Kenari hibrid yang berkualitas. Akan tetapi, mungkinkah dua jenis burung ini disilangkan? Beberapa penangkar Kenari memang seringkali melakukan eksperimen yang tidak biasa dalam penangkaran kenari. Dan hal ini lazim dilakukan agar mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan, yaitu burung yang sehat, atraktif, kicaunya bagus, kondisi fisik dan mentalnya bagus. Beberapa waktu terakhir sedang tren menyilangkan Kenari dengan burung Finch untuk menghasilkan keturunan yang dikenal dengan Kenari hibrid atau Kenari mule. Green Finch dan Gold Finch merupakan jenis finch yang menunjukkan hasil yang positif saat disilangkan dengan jenis kenari biasa. Lalu, mungkinkah Society Finch atau yang lebih dikenal dengan Emprit Jepang juga akan berhasil?

Tips penangkaran emprit jepang dengan mengetahui jenis pakan dan masa produksinya

masa produksi emprit jepang

Persilangan Emprit Jepang dengan Kenari menjadi pertanyaan dari para penangkar. Emprit Jepang mempunyai bentuk tubuh mungil dan sangat lincah. Pesonanya semakin terlihat saat burung ini berkicau. Selain itu, keindahan dari warna bulunya merupakan keunikan tersendiri. Keistimewaan yang lain adalah burung jenis ini dikenal sebagai indukan yang baik. Induk Emprit Jepang akan mengerami telur dan menjaganya dengan baik. Melihat berbagai keistimewaan dari burung ini, maka tidaklah mengherankan jika ada yang mencoba persilangan antara Emprit Jepang dengan Kenari.

Persilangan antara Kenari dengan burung Finch bisa menghasilkan kenari hibrid yang memiliki kemampuan berkicau dengan irama yang variasi. Bahkan bisa jadi iramanya lebih panjang dibanding kedua induknya. Hasil perkawinan silang ini diharapkan bisa menghasilkan burung penyanyi yang mendekati sempurna, gabungan dari kekuatan vokal Kenari dan melodi dari Finch. Burung hibrid ini juga akan lebih atraktif serta lincah dibanding kedua indukannya. Lantas, bagaimana hasil persilangan Emprit Jepang dengan Kenari? Emprit Jepang merupakan salah satu jenis Finch yang saat ini sedang populer. Harapannya, hasil persilangan tersebut bisa sebaik hasil persilangan dengan jenis Green Finch maupun Gold Finch.

Tips penangkaran emprit jepang dengan mengetahui jenis pakan dan masa produksinya

emprit jepang

Apabila ingin mencoba persilangan Emprit Jepang dengan Kenari, pastikan jika kedua indukan dalam kondisi yang sehat dan siap dikembangbiakkan. Kenari yang digunakan biasanya berkelamin betina, jadi Emprit Jepang atau Society Finch yang digunakan adalah yang jantan. Sediakan juga kenari jantan untuk memancing birahi dari kenari betina pada awal penjodohan. Pisahkan terlebih dahulu burung-burung tersebut, karena pakan dan kebutuhan mereka berbeda. Anda bisa menggunakan kandang yang bersekat untuk memisahkan kedua burung tersebut, namun biarkan mereka agar saling melihat hingga keduanya siap untuk dijodohkan.

Kemudian, siapkan kotak sarang, dan letakkan di kandang tempat kenari betina ditempatkan. Kenari betina akan mulai menata sarangnya saat ia sudah siap kawin. Untuk mempercepat birahi dari kenari betina, Anda bisa menyiapkan seekor kenari jantan gacor di dekat kandang, namun jangan sampai ia terlihat oleh kenari betina. Jika kenari betina telah menyiapkan sarang, itu adalah pertanda jika ia siap kawin. Pada saat itu, kenari jantan dapat diperlihatkan pada kenari betina. Saat birahi betina semakin tinggi, bukalah sekat yang memisahkan antara kenari betina dan burung finch, agar mereka bisa memulai ritual kawinnya. Proses persilangan Emprit Jepang dengan kenari pun siap dimulai. Karena jenis finch adalah burung pemalu, terlebih pada saat ingin kawin, maka Anda perlu bersembunyi agar Anda tidak terlihat oleh si Emprit Jepang.

Apabila burung-burung tersebut telah selesai ritual kawinnya, pisahkan Emprit Jepang dari kandang Kenari, hingga si betina mulai proses bertelur. Telur-telur tersebut akan menetas dalam kurun waktu 2 minggu, dan akan siap meninggalkan sarangnya pada saat berumur 16–19 hari. Saat anakan telah berani meninggalkan sarang itulah saat yang tepat untuk memaster mereka dengan menggunakan suara burung. Anda bisa menggunakan Kenari jantan yang berkualitas unggul atau masteran dari media elektronik seperti MP3. Hal ini penting untuk dilakukan agar hasil persilangan Anda memiliki kicauan yang bervariasi dan penuh irama. Demikianlah ulasan mengenai persilangan Emprit Jepang dengan Kenari. Semoga bermanfaat.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.