Pengetahuan Tentang Identitas Kode Ring Kenari

Selamat siang sobat burung kicau. Kalian pernah mendengar istilah kenari DKB? Atau malah kalian sedang memelihara kenari FOI dirumah? Apa sih yang dimaksud kedua istilah tersebut. Mungkin bagi sobat yang sudah lama berkecimpung dengan kenari import, kedua istilah tersebut sudah sangat familiar. Namun bagi pemula pasti akan bingung membedakan jenis-jenis kenari import tersebut. Nah pada artikel kali ini, kami akan berbagi pengetahuan tentang maksud dari dkb dan foi tersebut. Mari kita simak ulasannya.

Pengetahuan Tentang Identitas Kode Ring Kenari

Kenari Yorkshire ring DKB

Maksud dari dkb dan foi merupakan kode identitas penangkar yang tertulis pada ring kenari import. Kode pada ring kenari bisa bermacam-macam bentuknya, meliputi warna, huruf dan angka yang semuanya memiliki arti tersendiri. Pada awalnya kode ring kenari tersebut hanya tersemat pada kenari-kenari import yang ditangkar di penangkaran-penangkaran eropa. Namun seiring berjalannya waktu, beberapa peternak lokal juga sudah mulai  membuat identitas yang mewakili kelompoknya masing-masing.

Untuk kode warna, Konsorsium Internasional Ornitologi telah menyepakati jenis warna ring yang digunakan untuk membedakan jenis kenari import yang selalu berbeda tiap tahunnya. Berikut kode warna ring yang digunakan sejak 36 tahun terakhir.

Pengetahuan Tentang Identitas Kode Ring Kenari

Kode warna ring kenari

Untuk kode huruf, perhimpunan peternak kenari Eropa juga sudah menentukan kode huruf ring kenari sesuai dengan asal negaranya. Berikut beberapa kode huruf ring kenari tersebut:

·        Italia: FOI (Federazione Ornicoltori Italiani)

·        Belanda: NB (NBvV Nederlandse Bond van Vogelliefhebbers)

·        Inggris: IOA (International Ornithological Association COM GB)

·        Belgia: AOB (Koninklijke Algemene Ornithologische Bond van België)

·        Jerman: DKB (Deutscher Kanarie und Vogelzüuchter-Bund e.V.)

·        Brasil: FOB (Federaçao Ornitógica do Brasil)

·        Prancis: UOF (Union Ornithologique de France)

Pengetahuan Tentang Identitas Kode Ring Kenari

Kenari Yorkshire ring IOA

Sekedar informasi tambahan, biasanya jenis Yorkshire dari Inggris ada yang menggunakan sebuah ring jepit dengan warna yang berbeda dari yang resmi. Namun ada juga yang memakai dua ring jepit dikakinya dengan warna yang berbeda, serta bahkan ada yang tidak sama sekali menggunakan ring.

Nah, kesimpulan dari ulasan diatas adalah banyaknya jenis jenis kenari yang ada didunia ini dan juga semakin banyaknya peternak yang menyilangkan kenari sehingga dibutuhkan gambaran pengenalan produksi untuk dapat memperoleh nama atau brand. Nama produksi penangkaran atau brand produksi yang berkualitas handal tersebut dituliskan dalam sebuah identitas tersendiri yang dinamakan kode ring kenari. Namun demikian ada juga beberapa penggemar yang lebih menyukai tanpa ring dengan alasan mengganggu. Tetapi satu hal yang pasti, identitas peternak punya peran penting dalam komunitas peternak.

Semoga bermanfaat.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.

One Reply to “Pengetahuan Tentang Identitas Kode Ring Kenari”

  1. Nb 12 6f fm itu jenis roller apa waterslangger

Comments are closed.