Murai Batu, Koleksi Favorit Penggemar Burung Berkicau

Jika anda menanyakan koleksi burung terfavorit saat ini yang kicauannya paling merdu, maka murai adalah jawabannya. Burung murai batu (Copychus malabaricus) merupakan salah satu spesies Turdidae. Burung ini diminati banyak orang, terutama mereka yang maniak burung. Untuk membedakan burung murai jantan dan betina sebenarnya juga mudah; burung jantan memiliki ekor yang lebih panjang dan kicauannya lebih bervariasi. Selain itu, bulunya berwarna lebih mengkilat dan pekat dibandingkan burung betina.

Murai batu dan jenis-jenisnya

Murai Batu, Koleksi Favorit Penggemar Burung Berkicau

Murai batu jambi

Murai memiliki jenis yang bervariasi. Semua dikategorikan berdasarkan habitat asalnya. Enam jenis yang paling terkenal yaitu varian borneo, varian Jambi, varian Lampung, varian Lahat, varian Medan dan varian Aceh. Salah satu yang terfavorit dari keenamnya adalah varian asal Medan. Posturnya lebih kokoh dan besar dibandingkan varian dari daerah lain. Kicauannya juga terdengan lebih bermelodi, dan suara lebih nyaring dan indah. Murai asal Medan ini juga sangat mudah dijinakkan. Tak jarang burung ini mengikuti kejuaraan memenangkan perlombaan kicauan burung. Tidak heran jika burung asal Medan ini sangat dicintai oleh para pecinta makhluk kecil nan bersuara indah ini.

Alasan Memilih Murai Batu

Banyak penggemar burung bertahan dalam memelihara murai jenis ini karena berbagai alasan; berikut adalah di antaranya:

  • Gaya Bertarungnya Lincah. Selain dapat memamerkan kicauan yang merdu, murai ini juga memiliki gaya tarung yang terkesan atraktif dan lincah. Burung bersuara merdu ini juga tidak pernah down saat memamerkan suaranya sekalipun burung pesaingnya memiliki suara yang lebih merdu.
  • Mudah Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan. Murai jenis ini dapat beradaptasi dengan cepat sesuai habitatnya, baik di alam bebas maupun di dalam sangkar. Itulah sebabnya burung ini terlihat selalu segar dan jarang terlihat stress sekalipun berada di habitat baru.
  • Mudah Terpancing. Murai batu merupakan burung yang tidak liar. Saat mendengar suara, ia akan spontan bersuara untuk membalasnya. Daya tariknya yang menawan inilah yang membuatnya banyak diincar orang.

Perawatan Murai Batu

Murai Batu, Koleksi Favorit Penggemar Burung Berkicau

Murai batu medan

Selain banyak keunggulan yang telah dijabarkan di atas, dalam hal perawatan burung murai juga tidak rewel. Perawatannya sangat mudah. Hanya saja, harus telaten dan tepat; anda harus mengetahui kapan burung dalam keadaan sehat atau sakit. Ada tiga kondisi murai yang harus dipahami oleh pemiliknya, yaitu dalam kondisi sakit, sehat dan kondisi memuncak birahinya. Berikut adalah hal-hal yang dapat anda lakukan di rumah:

  • Saat Murai Terlihat Sakit, ada kalanya stamina murai bisa menurun, bisa jadi karena kelelahan, kekurangan pakan, atau cuaca yang kurang mendukung. Langkah pertolongan pertama yang dapat anda lakukan adalah memberinya makan jangkrik dan kelabang. Burung murai dimandikan hanya sekali saja sehari atau dua hari sekali sesuai kondisinya. Asingkan dulu burung ini agar tidak bertemu dengan murai lainnya dan tidak suara kicauan murai lain.
  • Saat Murai Sehat, jika murai sedang fit, maka perawatannya lebih mudah dibandingkan saat tidak fit dan saat birahinya memuncak. Cukup dianginkan saat pagi selama 25-35 menit untuk mendapat udara segar, jangan pada saat diang hari di mana terik matahari sedang menyengat. Setelah itu, anda bisa dimandikannya. Bersihkan sangkar secara teratur dan perhatikan pakannya dengan baik, terakhir, anginkan dan bungkus kembali. Untuk merangsang kemampuannya, anda bisa menyandingkan murai batu sehat dengan murai lainnya serta perdengarkan suara rekaman burung. Bila diperlukan, anda bisa memandikannya kembali pada sore hari. Jangan lupa diangin-anginkan sekitar 5-15 menit setelahnya.
  • Saat sedang ‘aktif’, saat birahinya memuncak, kurangi porsi makannya. Kurangi penjemuran dan lebih sering dimandikan.

Pada dasarnya, perawatan burung ini tidaklah terlalu sulit. Sama halnya dengan merawat benda kesayangan anda, anda harus memberikan perhatian yang cukup sesuai kebutuhannya.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.