Mengetahui Jenis Burung Kacer dan Tips Cara Kacer Rajin Bunyi (Gacor)

Selamat pagi para pecinta burung kicau, bagaimana kabar anda hari ini? Sudahkah anda memberi pakan dan memandikan burung kicau kesayangan? Semoga anda tidak lupa merawat burung kesayangan anda. Apakah ada di antara kalian tertarik dengan burung kacer? Burung kacer atau nama populernya magpie robin merupakan salah satu jenis burung dalam keluarga muscicapidae, yang terbagi dalam tiga jenis.

Mengetahui Jenis Burung Kacer dan Tips Cara Kacer Rajin Bunyi (Gacor)

oriental magpie robin

Jenis burung kacer yang pertama adalah kacer madagaskar (Copsychus albospecularis), burung kacer hitam atau biasa orang menyebut kacer jawa (Copsychus sechellarum) dan kacer poci (Copsychus saularis) yang menyebar di seluruh benua asia, salah satunya termasuk Indonesia. Alasan mengapa burung kacer banyak digemari adalah karena warnanya yang mempesona dan suaranya yang indah dan lantang.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit informasi kepada seluruh pecinta burung kicau tentang tips agar kacer rajin bunyi dan bagaimana cara burung kacer tersebut cepat gacor. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dan dilakukan agar burung kacer anda cepat bunyi dan gacor. Berikut adalah beberapa tips agar kacer rajin bunyi :

1. Jenis Pakan Burung Kacer

Agar burung kacer rajin bunyi dan cepat gacor, ada baiknya bila anda mengganti voer lama dengan yang baru rutin per dua hari sekali. Sebaiknya memberikan kadar voer berprotein antara 12-18%. Untuk pemberian pakan burung kacer idealnya juga bervariatif. Hal ini bertujuan pada kebutuhan asupan burung kacer akan mineral, karbohidrat, vitamin dan protein tercukupi.

2. Jenis Kelamin Burung Kacer

Burung kacer yang rajin bunyi dan gacor biasanya adalah jenis kacer jantan. Oleh karena itu pastikan burung kacer yang anda miliki adalah berkelamin jantan. Biasanya untuk jenis kacer jantan memiliki tanda berupa warna bulu hitam mengkilap dan tegas.

Mengetahui Jenis Burung Kacer dan Tips Cara Kacer Rajin Bunyi (Gacor)

kacer jantan

3. Kebersihan Kandang Burung Kacer

Kesadaran peternak akan kebersihan kandan atau sangkar cukup berperan dalam proses menjadikan kualitas burung kacer yang rajin bunyi dan gacor. Lakukan pembersihan kandang rutin setiap hari, termasuk membersihkan kotoran burung. Alangkah baiknya juga, gantilah air minum setiap hari dan gunakan air yang telah dimasak atau jenis air mineral.

4. Pemandian dan Penjemuran Burung Kacer

Idealnya, sebelum burung kacer dimandikan terlebih dahulu diangin-anginkan di teras selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnya anda bisa menyemprot burung kacer untuk dimandikan atau dengan karamba, yang disesuaikan dengan kebiasaannya. Setelah itu, penjemuran bisa dilakukan tiap hari pada jam 8-10 pagi untuk burung kacer agar rajin bunyi dan cepat gacor. Perlu diperhatikan juga ketika anda menjemur burung kacer, sebaiknya tidak didekatkan pada burung kacer lain. Terakhir, selama kurang lebih 10 menit, angin-anginkan burung kacer di teras dan setelah itu dikrodong kembali.

Mengetahui Jenis Burung Kacer dan Tips Cara Kacer Rajin Bunyi (Gacor)

mastering kacer

5. Pemasteran Burung Kacer

Salah satu hal yang wajib dilakukan agar kacer rajin dan cepat gacor, yaitu dengan pemasteran suara. Hal ini bisa dilakukan dengan burung master atau menggunakan mp3 player yang sekarang banyak dijual di pasaran. Untuk waktunya, sebaiknya pemasteran dilakukan pada siang hari sampai sore hari antara jam 10.00 – 15.00. Apabila perlu juga dilakukan pada malam hari sampai pagi. Supaya hasil yang diperoleh maksimal, pengerodongan burung kacer wajib dilakukan ketika pemasteran berlangsung.

Selain beberapa poin diatas, sebaiknya anda juga memberikan asupan gizi tambahan berupa extra food atau biasa disebut EF. Untuk EF kacer, anda bisa memberikan jangkrik 2-3 pada pagi dan sore hari. Pemberian pakan yang berkualitas dan tepat akan membuat kacer rajin bunyi dan cepat gacor. Masalah kenyamanan lingkungan juga turut diperhatikan, karena jika selalu terganggu maka akan berpengaruh pada mental dan suara kacer itu sendiri. Buatlah suasana yang asri dan sejuk agar merasa nyaman untuk rajin bunyi dan kacer cepat gacor.

Semoga bermanfaat.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.