Mengetahui Cara Merawat Burung Pleci Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Selamat pagi para pecinta burung kicau, bagaimana kabar anda hari ini? Sudahkah anda memberi pakan dan memandikan burung kicau kesayangan? Semoga anda tidak lupa merawat burung kesayangan anda. Apakah ada di antara kalian tertarik dengan burung pleci? Atau anda sedang mencari bakalan burung pleci cepat gacor dan rajin bunyi? Burung kecil imut-imut yang biasa disebut burung kacamata ini adalah jenis burung kicau yang sedang populer dikalangan pehobi burung kicau tanah air. Kicauan yang merdu nan syahdu, plus bentuk garis lingkaran mata yang sekilas mirip kaca mata, membuat burung ini tampil mempesona.

Harga burung pleci yang relative terjangkau, banyak peminat yang berani mengoleksinya dalam jumlah besar. Dalam hal kontes, burung pleci memiliki kelas penilaian sendiri. Bahkan kicauan pleci lomba, harganya bisa mencapai 40 juta. Namun bagaimanakah caranya agar burung pleci bisa rajin bunyi dan cepat gacor? Perawatan seperti apakah yang harus dilakukan agar menjadi juara pleci lomba? Berikut kami berikan sedikit tips cara merawat burung pleci agar gacor dan saat lomba.

Mengetahui Cara Merawat Burung Pleci Agar Gacor dan Rajin Bunyi

burung pleci

Perawatan burung pleci

  1. Pertama, lakukan pengembunan pada burung pleci setiap pagi hari atau pada waktu subuh sekitar jam 5 s/d jam 7 pagi. Hal ini bertujuan agar dengan di embunkannya burung pleci sampai pada terbitnya sinar matahari, maka perlahan akan menghangatkan tubuhnya.
  2. Selanjutnya, ketika matahari sudah mulai terbit dan terang, mandikanlah burung pleci dengan semprotan atau sprayer yang lembut hingga bulu-bulunya basah.
  3. Setelah mandi basah, berikutnya jemurlah burung pleci di bawah sinar matahari sekitar 1/2 jam. Perlu diperhatikan bahwa tempat minum burung pleci sudah diisi ulang sebelum dilakukan penjemuran. Hal ini bertujuan agar pada waktu proses penjemuran, burung pleci tidak kehausan dan tetap segar tubuhnya karena dijemur dibawah sinar matahari.
  4. Selanjutnya, pastikan bulu-bulu sudah pada kering kemudian angkatlah dan taruh ditempat yang teduh. Sediakan juga 2-3 biji ulat hongkong untuk asupan gizi burung pleci. Alangkah lebih baik lagi bila ulat hongkong yang sedang ganti kulit karena akan membuat burung pleci cepat gacor. Berikan juga tambahan protein seperti buah-buahan pisang, papaya dan lain-lain.
Mengetahui Cara Merawat Burung Pleci Agar Gacor dan Rajin Bunyi

pengembunan pleci

Tips memilih pakan yang tepat untuk burung pleci

  1. Jenis makanan yang baik untuk burung pleci adalah jenis serangga dan ulat. Diantaranya adalah ulat kandang, ulat hongkong, jangkrik dan kroto. Khusus untuk kroto, alangkah baiknya apabila dalam pemberian pakan jenis tidak dilakukan terlalu sering atau tiap hari. Dan porsi yang diberikan pun kalau bisa jangan banyak-banyak. Karena bila berlebihan akan menyebabkan overload pada burung pleci.
  2. Untuk asupan gizi tambahan, berikan vitamin atau bisa juga olesan madu. Oleskan madu pada jenis makanan tambahan seperti buah-buahan pisang.
Mengetahui Cara Merawat Burung Pleci Agar Gacor dan Rajin Bunyi

pakan pleci

Pada akhirnya, bila semua sudah dilakukan, dan panas matahari sudah berkurang, sore pun menjelang burung maka burung pleci boleh dimandikan. Namun langkah ini opsional saja, bisa dilakukan bisa tidak. Dan apabila hal-hal diatas sudah bisa rutin dilakukan, niscaya anda akan dapat menikmati burung pleci cepat gacor dan rajin bunyi setiap hari.

Semoga bermanfaat.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.

2 Replies to “Mengetahui Cara Merawat Burung Pleci Agar Gacor dan Rajin Bunyi”

  1. untuk sekarang para pleci mania mulai menggunakan doping untuk membuat burungnya gacor tanpa memikirkan efek samping dari doping tersebut. Kalau hanya untuk menaikkan birahi pada burung pleci cukup gunakan buah buahan seperti sawo dan ulat hongkong saja.

    1. nice info bro, thanks sudah berbagi tentang penggunaan doping untuk pleci. Boleh dishare kan lebih runut lagi untuk tips agar pleci gacor

Comments are closed.