Mastering Burung Kenari

Burung kenari merupakan burung yang mana memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan burung peliharaan. Ada banyak sekali alasan mengapa orang memilih burung kenari untuk dijadikan sebagai burung peliharaan dan mastering kenari. Alasan yang paling utama adalah karena burung tersebut amat mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Burung kenari terkenal mudah menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi dilingkungan sekitarnya. Ini tentu akan menjadikan burung tersebut takkan bermasalah dalam hal pemeliharaan. Berikutnya adalah karena burung ini amat cocok baik itu sebagai burung penyanyi maupun burung petarung. Semangat tempur burung ini juga amat tinggi. Burung kenari juga memiliki birahi yang mudah naik. Burung ini amat mudah naik birahinya. Banyak penyebabnya termasuk pada pakan yang tepat, dan bahkan juga mengenai penjemuran yang berlebih akan berakibat buruk pada mastering kenari. Ada juga alasan orang ingin memelihara burung kenari karena mudah jinak. Ini tentu akan menjadi teman terbaik bagi manusia. Burung ini juga tidak mudah stress.

Dalam melakukan mastering kenari, Anda harus paham juga mengenai jenis-jenis burung kenari yang ada. Jenis pertama adalah kenari postur. Jenis kenari ini memiliki keunikan pada segi posturnya. Jenis ini memiliki postur yaitu besar panjang, bola, kecil mungil, dan lain-lain. Ada banyak contoh kenari postur yang sudah terkenal diluar sana seperti Lancashire, Yorkshire, Gloster, Norwich, Lizard, Border, Fancy, dan lain sebagainya. Kenari jenis ini memiliki kema

mpuan berkicau yang sama dengan jenis lain. Biasanya, kenari postur dilombakan diluar negeri. Jenis berikutnya adalah kenari warna. Sesuai dengan namanya, jenis kenari ini memiliki keunggulan pada varietas bulunya. Faktanya, kenari jenis ini sengaja direkayasa untuk menghasilkan kombinasi warna yang amat menarik. Ada beberapa contohnya yaitu kenari Mozaic, Yellow Intensive, Kenari Red Intensive, White Dominant, dan lain sebagainya. Ada juga kenari penyanyi. Ini jenis kenari yang unggul dalam hal kicauan. Suara yang merdu tentu menjadikan burung ini sering dilombakan pada kualitas kicauannya dalam mastering kenari.

Dalam memilih burung kenari, tentu saja Anda harus paham terlebih dahulu mengenai hal penting apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum mastering kenari. Dalam memilih, yang jantan dapat diperhatikan dalam hal ukuran bentuknya. Suara mereka tentu juga lebih keras dan juga nyaring. Yang saya sarankan, Anda harus memilih kenari jantan yang mana memiliki vent yang lebih panjang dan lebih besar. Berikutnya adalah mengenai bentuk paruh. Pilihlah kenari yang mana memiliki pangkal lebar, besar, tebal, dan panjang. Pilihlah juga kenari yang mana memiliki kepala yang berbentuk kotak. Alasannya sangat simpel. Ini dikarenakan jenis kenari ini akan memiliki mental tempur yang bagus. Jangan lupa mengenai postur badan. Pilihlah postur badan dari kenari yang berleher panjang, dan serta keserasian ekor dan badan yang tepat. Pilih juga kenari yang mana lincah dan memiliki nafsu makan besar. Ini adalah hal penting untuk kedepannya untuk mastering kenari.

Tips Mastering Burung Kenari

Mastering Burung Kenari

Lalu bagaimana dengan makanan dari kenari? Ada banyak jenis makanan yang dapat Anda sertakan pastinya. Yang pertama adalah biji-bijian. Ini adalah yang paling utama. Anda dapat menyertakan Canary Seed sebagai pakan utama burung tersebut. Faktanya Anda dapat memberikan biji-bijian yang mana sudah dicampur oleh banyak penjual dipasaran sana. Ada juga pilihan sayur dan buah-buahan. Burung ini amat menggemari sayur seperti daun selada, daun sawi, mentimun, gambas, wortel, jagung muda, bahkan buah apel. Telur dan kroto adalah pertimbangan yang paling utama. Vitalitas dan fungsi organ kenari amat ditentukan oleh pakan ini. Ini harus menjadi pertimbangan utama untuk mastering kenari.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.