Makanan Voer Pleci dan Buah Yang tepat Agar Pleci Rajin Berkicau

Makanan voer Pleci saat ini mudah ditemukan di pasaran, mulai dari yang murah sampai yang harganya mahal. Voer oleh para penghobi burung sering dijadikan sebagai makanan utama dari burung yang dipelihara. Apabila Anda ingin memberikan voer, berikanlah voer yang teksturnya halus atau berupa bubuk. Pastikan voer yang Anda berikan terbuat dari bahan yang berkualitas agar Pleci Anda tidak kekurangan gizi. Jika voer Pleci terbaik yang diberikan, dan juga banyak mengandung nutrisi, maka Pleci menjadi aktif, lincah dan sehat. Sehingga ia akan rajin berkicau, dan suaranya pun jernih.

Voer untuk Pleci di pasaran tersedia dengan berbagai merek. Namun tidak semua voer kandungan nutrisinya lengkap, terutama untuk protein hewani. Solusinya, banyak yang memberikan makanan tambahan. Untuk tambahan protein hewani, Anda bisa memberikan ulat hongkong ataupun kroto 2-3 kali dalam seminggu. Untuk minumannya, sebenarnya air putih saja sudah cukup. Namun, Anda bisa memberikan minuman yang mengandung vitamin untuk Pleci kesayangan Anda. Makanan voer Pleci memang praktis dan mudah untuk diberikan. Namun sebenarnya makanan utama Pleci adalah buah-buahan. Jika Anda memelihara Pleci, pastikan buah-buahan selalu tersedia untuknya, karena buah-buahan sangat penting agar Pleci rajin berkicau. Berikut beberapa jenis buah-buahan yang disukai dan bisa membuat Pleci Anda rajin berkicau.

  1. Pisang

Pisang adalah buah yang sering diberikan pada Pleci maupun burung lainnya. Pisang mengandung karbohidrat dan juga vitamin A yang relatif tinggi. Buah ini mempunyai sifat yang mengenyangkan dan mampu memberikan tambahan energi untuk Pleci Anda. Namun karena mengandung karbohidrat cukup tinggi, maka pemberian buah ini harus diatur supaya tidak berlebihan. Apabila diberikan secara rutin setiap hari, maka burung cenderung menjadi cepat gemuk dan bermalas-malasan. Anda bisa memberikan pisang sebagai pendamping makanan voer Pleci.

  1. Pepaya

Pepaya sering diberikan untuk melengkapi pemberian makanan voer Pleci. Pepaya dikenal memiliki banyak manfaat untuk Pleci, salah satunya sebagai terapi untuk Pleci yang mengalami over birahi. Pepaya mengandung antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, folat, flavanoid, dan beberapa mineral seperti kalium dan magnesium yang sangat dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh Pleci. Apabila Pleci mengalami gangguan pencernaan, pepaya bisa membantu mengatasinya. Jangan lupa untuk memberikan voer untuk burung Pleci yang bermutu tinggi agar Pleci tetap sehat.

  1. Jeruk

Jeruk merupakan jenis buah yang paling cocok untuk diberikan pada Pleci, karena memiliki khasiat yang mirip dengan nektar. Buah ini sering digunakan oleh para penghobi Pleci sebagai pelengkap untuk makanan voer Pleci. Buah ini bermanfaat untuk mendinginkan, sehingga sering diberikan pada Pleci terutama saat cuaca panas. Jeruk juga memiliki efek detoksifikasi yang dapat menetralisir racun yang ada dalam tubuh burung, dan membantu mengatasi apabila terdapat gangguan kesehatan. Bahkan kulit buah jeruk pun bermanfaat, yaitu dapat digunakan untuk melakukan terapi khusus bagi burung yang mengalami kesulitan pada saat proses mabung.

Selain tiga jenis buah tersebut, sebenarnya masih ada beberapa buah yang disukai oleh Pleci, diantaranya adalah lengkeng, apel dan goji berry. Buah lengkeng ternyata memiliki banyak manfaat untuk Pleci, yaitu sebagai penenang untuk Pleci yang sedang mengalami stres atau kondisinya ngedrop, membantu untuk memulihkan energi pada saat mabung, dan membantu proses pencernaan burung. Apel bisa mencegah terjadinya dehidrasi karena efek penjemuran berlebihan, suhu yang terlalu panas, dll. Sedangkan goji berry yang rasanya manis ternyata sangat disukai Pleci. Goji berry juga dipercaya mampu merangsang Pleci agar rajin berbunyi dan membuka paruh. Manfaat lainnya adalah memberikan energi sehingga burung menjadi aktif.

Demikian uraian mengenai makanan voer Pleci dan beberapa makanan lain yang dibutuhkan agar Pleci tetap sehat dan aktif. Semoga bermanfaat.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.