Selamat sore sobat burung kicau. Sebelumnya, sobat sekalian sudah membaca artikel burung kicau yang tentang persilangan kenari? Tentunya masih ada diantara sobat burung kicau sekalian yang masih bingung tentang persilangan kenari tersebut. Nah, penamaan untuk burung kenari memang sangatlah beragam, dengan berbagai istilah yang membingungkan untuk dipahami. Tapi untuk artikel berikut, kami mencoba membahas tentang apa itu kenari loper. Mengapa? Karena akhir-akhir ini banyak istilah kenari loper yang beredar di pasaran dan sobat sekalian masih banyak yang belum tahu. Dan jika menyinggung tentang harga kenari loper dipasaran yang terpantau tinggi orang-orang pun semakin penasaran. Jadi sebenarnya apa maksud dari istilah tersebut? Berikut burung kicau mencoba mengulas tentang kenari loper.

Kenari Loper, Jenis Kenari Yang Belum Banyak Orang Tahu
kenari loper

Secara makna kata, kenari loper itu singkatan dari lokal super yang berarti hasil persilangan kenari lokal yang memiliki postur tubuh yang super. Jenis kenari lokal super banyak dihasilkan dari persilangan kenari jenis AF. Sebagai bahan referensi tentang persilangan kenari, sobat burung kicau bisa membaca artikel kami sebelumnya:

Kenari Loper, Jenis Kenari Yang Belum Banyak Orang Tahu
kenari lokal super

Jika sobat burung kicau pernah belajar tentang biologi, kalian pasti sudah familiar dengan teori genetika yang disampaikan oleh Gregor Johann Mendel. Beliau menyampaikan teori tentang perkawinan silang dua individu yang akan mewarisi hereditas sifat induknya. Nah dalam prakteknya, teori tersebut banyak diuji cobakan dalam penangkaran-penangkaran burung salah satunya kenari. Dari teori tersebut terbukti benar, dan hasilnya saat ini banyak beredar burung kenari dengan istilah F1, F2, F3 dan AF.

Untuk sekedar informasi saja, dalam ilmu biologi jarang atau bahkan tidak ada istilah yang menyebutkan jenis keturunan AF. Belum ada yang bisa membuktikan secara konseptual bagaimana keturunan AF itu terbentuk. Namun istilah tersebut sudah terlanjur beredar dikalangan umum dan tidak tahu siapa yang pertama kali menyebarkannya. Pengetahuan yang beredar sekarang adalah kenari AF dihasilkan dari keturunan filial F1, F2, F3 yang bukan jenis fixed strain. Dan kemudian keturunan tersebut disilangkan dengan kenari lokal yang non fix strain dalam tiga tingkatan kedepan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa keturunan AF dapat dihasilkan dengan perkawinan sesama non fix strain. Disinilah cikal bakal istilah kenari loper beredar.

Semoga bermanfaat.