Waspadalah! Jenis Burung Kicau Fighter Terbaik Di Kelasnya

Dua burung kuntul saling bertarung memperebutkan teritorial wilayah kekuasaan hanya demi sesuap ‘nasi’

Photo by Chris Sabor on Unsplash

Burung kicauan fighter berbeda dengan burung kicauan biasa. Jenis burung fighter ini mempunyai mental bertarung yang sangat kuat. Hal ini terlihat dari tingkah burung dan suara yang dikeluarkan oleh burung ketika didekatkan dengan burung lainnya.

Burung dengan sifat fighter mempunyai sifat tidak mau kalah dan akan terus membalas kicauan burung lawannya. Nah, tidak semua jenis burung mempunyai mental fighter yang bagus. Hanya ada 5 jenis burung dengan mental fighter yang bagus.

Murai Batu Yang Memikat Hatimu

Burung murai batu adalah burung dengan mental fighter yang bagus. Biasanya burung ini mengeluarkan kicauan yang bervariasi.

warna warni indah corak bulu tipismu, semakin memikatku untuk memilikimu

Photo by Natasha Miller on Unsplash

Tledekan Gunung Yang Andhap Asor

Jenis burung tledekan gunung adalah burung fighter terbaik alami yang mempunyai suara khas. Burung ini mudah didapatkan di Indonesia. Selain dikenal sebagai burung agresif dengan gaya nyeklek atau ngobra, burung ini memang diketahui mempunyai kepintaran, yakni mampu menirukan nada-nada suara yang dikeluarkan dari burung lain terlebih lagi jika ia dilatih dari umur bakalan atau trotolan

Kacer Bukan Sembarang Kacer

Bicara soal burung kacer, doi termasuk dalam 8 jenis burung kicau termahal dan memiliki suara emas. Jadi bisa dibilang kacer ini cukup moncer dan menjanjikan layaknya mbakmah dengan segala janji manisnya!

Ciblek

Burung kicauan fighter asli Indonesia dengan suara yang bervariasi adalah burung ciblek. Suara dari burung ini sangat keras dan khas. Sama seperti Mbakmah dulu jaman gadis sering dipanggil ciblek, huft

Dari daftar diatas tidak berarti selain kelima burung diatas tidak mempunyai mental fighter. Untuk membangkitkan mental fighter burung memang dibutuhkan perawatan yang ekstra. Tidak hanya dalam hal makanannya saja, tapi juga cara memaster burung akan sangat mempengaruhi mental burung. Burung kicauan fighter yang sangat mudah dibentuk mentalnya adalah lima burung yang sudah disebutkan diatas. Nah, bagi Anda yang ingin mempunyai burung dengan mental fighter bisa memilih salah satunya.

Cara Merawat Burung Kicauan Fighter Lebih Dari Satu Jenis

Dari beberapa jenis burung kicauan fighter yang sudah disebutkan, banyak para pencinta burung yang bertanya-tanya, apakah boleh memelihara burung dengan mental fighter alam satu ruangan atau satu rumah. Jawabannya tentu saja boleh, memelihara lebih dari satu jenis burung bermental fighter tidak ada larangannya. Namun perlu dilakukan perawatan khusus agar burung yang dipelihara tetap mempunyai mental yang fighter. Banyak para pencinta burung yang khawatir jika memelihara burung fighter dalam satu murah maka akan ada burung yang mentalnya down.

Mental down pada salah satu burung fighter yang dipelihara secara bersamaan memang bisa saja terjadi jika Anda tidak mengetahui cara merawatnya yang benar. Nah, bagi Anda yang ingin memelihara burung kicauan fighter lebih dari satu jenis dalam satu rumah, maka lakukanlah hal-hal berikut ini:

  • Letakkan burung dalam satu ruangan dengan full kerodong selama 2 minggu. Jika Anda memelihara dua jenis burung fighter yang berbeda dan bar pertama kali ditempatkan dalam satu rumah, sebaiknya letakkan dalam satu ruangan dengan full kerodong selama 2minggu. Full kerodong dilakukan agar burung tidak kaget dan mudah terbiasa.
  • Buka kerodong burung dan biarkan dua burung saling berkenalan dan terbiasa. Memelihara murai batu dan cucak ijo yang merupakan burung fighter memang boleh saja. Agar dua burung ini lebih kenal setelah full kerodong 2 minggu, sebaiknya buka kerodong agar burung bisa saling kenal.
  • Jika salah satu burung down pisahkan ruangannya. Setelah dibuka kerodongnya selama beberapa hari atau minggu, jika salah satu burung terlihat diam dan tidak berkicau, sebaiknya pisahkan burung tersebut sampai keadaannya pulih kembali.
  • Lakukan perawatan rutin dengan benar. Agar dua burung fighter yang dipelihara tetap berkicau terus lakukan pemeliharaan dengan benar. Cara perawatan rutin yang benar yaitu dengan memandikan dan menjemur burung secara rutin. Selain itu, tetap jaga kebersihan kandang.

Burung kicauan fighter dengan mental yang sudah jadi memang tahan banting dan tidak mudah down. Biasanya burung ini akan terus berkicau jika lawannya terus mengeluarkan kicauan yang lebih keras dari pada suaranya. Merawat burung yang sudah mempunyai mental fighter ini memang akan lebih mudah dibandingkan yang mentalnya belum terbentuk. Agar burung bermental fighter yang sudah jadi bisa mengeluarkan suara yang beragam, sebaiknya masterlah dengan suara-suara burung yang berbeda-beda.