Jalak Nias, Burung Kicau Jenis Omnivora Yang Populer

Berikut ini akan disampaikan mengenai burung Jalak Nias. Burung yang satu ini sangat populer di kalangan pecinta burung kicau. Tidak hanya itu, burung Jalak Nias juga sangat populer di kalangan petani. Keahliannya dalam memakan tanaman membuat menjadi musuh besar bagi para petani. Walaupun begitu burung Jalak tetap memiliki penggemar, bahkan penggemarnya juga cukup banyak. Jika dilatih dan dirawat dengan tepat, burung Jalak Nias dapat memiliki kicauan yang gacor. Oleh sebab itu, peminat burung Jalak Nias semakin hari semakin banyak.

perawatan jalak nias

perawatan jalak nias

Untuk perawatannya, burung Jalak Nias ini cukup mudah dibanding merawat burung lainnya. Secara umum perawatannya tidak jauh berbeda dengan perawatan burung lain. Untuk membedakan jenis kelamin burung yang satu ini cukup sulit dilakukan. Namun ada beberapa ciri yang dapat terlihat untuk membedakan jalak Nias jantan dan betina. Untuk Jalak Nias betina biasanya tidak mengepakkan jambulnya saat berkicau. Begitu juga sebaliknya, burung Jalak Nias jantan mengepakkan jambulnya saat berkicau.

Selain itu, ciri lain untuk membedakan jenis kelamin burung Jalak Nias dapat terlihat dari warna bulu. Untuk burung Jalak Nias jantan umumnya memiliki warna yang lebih tegas dan juga berkarakter. Serta burung Jalak Nias memiliki kuku panjang dan cantik yang menghiasi setiap jarinya. Ciri lain dapat dilihat dari gerakannya. Dimana burung Jalak Nias jantan memiliki gerakan yang lebih gesit dan cekatan. Dan untuk kicauan, burung Jalak Nias jantan memiliki kicauan yang lebih bervariasi. Tidak seperti Jalak Nias betina yang memiliki kicauan monoton. Dari ciri-ciri tersebut tentu saja Anda akan lebih mudah membedakan Jalak Nias betina ataupun jantan.

Burung Jalak Nias termasuk sebagai burung omnivora atau burung pemakan apa saja. Baik hewan ataupun tumbuhan, burung ini memakan yang ia sukai. Beberapa makanan favorit burung Jalak Nias yaitu jagung, jangkrik, padi dan biji-bijian lainnya. Makanan Jalak Nias memang cukup banyak sehingga memudahkan Anda untuk memberi makanannya setiap hari. Perawatan burung Jalak Nias tidak terlalu sulit untuk Anda lakukan. Bagi Anda yang memiliki burung Jalak Nias, Anda dapat memberinya jangkrik ataupun belalang. Beri saja 3 sampai 4 serangga tersebut setiap harinya. Agar burung Jalak Nias dapat hidup dengan sehat dan suaranya gacor, beri juga beberapa multivitamin.

harga jalak nias

harga jalak nias

Untuk harga, burung Jalak Nias terkenal dengan harganya yang tidak terlalu mahal. Dibanding dengan burung-burung lain, harga burung Jalak Nias cukup murah. Dimana untuk setiap ekor Jalak Nias yang masih muda ditawarkan dengan harga sekitar 150 ribu rupiah. Sedangkan untuk Jalak Nias yang sudah jadi dengan suara gacor akan ditawarkan mulai harga 500 ribu rupiah. Namun harga yang ditawarkan tergantung dari kondisi burung Jalak Nias. Semakin gacor suaranya, maka harga Jalak Nias semakin tinggi. Demikian yang dapat disampaikan mengenai burung Jalak Nias.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.