Ini Dia Ciri Khas Dari Burung Murai Batu Medan Super Ekor Panjang

Murai batu medan merupakan salah satu jenis burung kicau yang kini menjadi incaran pecinta burung. Jenis burung yang satu ini memiliki karakter, fisik, gaya bertarung dan suara yang sangat unggul dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Meskipun namanya burung murai batu medan, bukan berarti burung ini berasal dari kota Medan. Justru di kota Medan sendiri tidak ada habitat burung yang satu ini. Burung murai batu medan sendiri sebenarnya berasal dari daerah Sumatera Utara, tepatnya di Bahorok, Bukit Lawang. Burung yang satu ini memang dibandrol dengan harga yang sangat tinggi. Burung murai batu medan saat ini dipasarkan hingga ke kota lainnya dan ditampung terlebih dahulu di kota Medan.

murai batu ekor panjang asli medan

murai batu ekor panjang asli medan

Harga murai batu medan yang terbilang paling tinggi dibandingkan jenis burung murai batu lainnya ini dikarenakan sudah jarang sekali dijumpai dan termasuk ke dalam burung yang langka. Maka tak heran jika burung murai batu medan ini mulai banyak diburu. Selain itu, banyak peternak juga yang mulai menyilangkan jenis burung ini dengan jenis burung lainnya agar mendapatkan keturunan dari murai batu dengan kualitas bagus. Burung murai batu medan sendiri merupakan salah satu burung yang lucu dan menarik. Bentuk tubuhnya yang ramping serta memanjang membuat burung ini terlihat begitu menarik. Bahkan, burung murai batu medan sendiri terlihat gagah ketika akan berdiri tegap tanpa adanya gelembung di bagian dada maupun perutnya.

Murai batu medan ini memiliki bentuk ekor yang panjang, maka banyak orang yang menyebutnya sebagai murai batu medan super ekor panjang. Dengan bentuk ekor panjangnya inilah, burung ini biasa berkicau sembari memainkan bagian ekornya. Selain itu, burung ini juga memiliki gaya tarung yang begitu eksotis dan sangat menarik ketika dilihat. Burung ini biasanya berwarna hitam mengkilap. Terkadang, burung murai batu medan ini berwarna kebiruan. Sementara itu, bentuk ekor dari burung murai batu ini terbilang lentur dan tipis. Bahkan panjang ekornya sendiri bisa mencapai 19-26 cm. Tak sampai disitu saja, bentuk ekor dari burung murai batu ini juga memiliki ekor yang melengkung. Motif ekor dari burung ini memiliki 4 pasang ekor dengan bagian putihnya terdapat belahan berwarna hitam yang terbentang secara horizontal.

murai medan super ekor panjang

murai medan super ekor panjang

Warna kaki dari burung murai ekor medan ini bervariasi tergantung dari habitatnya itu sendiri. Murai batu medan juga memiliki suara yang sangat keras dengan kicauan yang beraneka macam. Akan tetapi ketika burung ini menirukan suara dari burung lainnya, maka akan terdengar lebih keras dan nyaring dibandingkan burung yang suaranya ditirukan tersebut. Ketika murai sedang emosi ketika bermain, maka ekor putih dari burung ini terlihat ngipas dan bentuk badannya terlihat lebih tegak dan gagah simbol memaki musuhnya. Ya, itulah ciri-ciri dari burung murai medan super yang perlu Anda ketahui!

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.