Cucak kombo, burung penghisap madu untuk suara burung masteran

Selamat pagi sobat burung kicau. Bagaimana kabar burung kesayangan kalian, sehat ya? Oiya sobat, sepulang dari pulau dewata kemarin, saya dibawakan oleh-oleh sepasang kicauan baru. Disana, mereka menyebutnya burung cucak kombo. Mungkin ada dari sobat burung sekalian yang sudah memiliki? Burung ini sudah cukup marak diperjual belikan di pasar burung karena suara cucak kombo yang unik dan kadang melengking tajam. Selain itu juga, cucak kombo bagus juga untuk suara burung masteran seperti murai batu. Lalu seperti apa sih sosok burung ini, berikut kami berikan ulasannya.

Cucak kombo, burung penghisap madu untuk suara burung masteran

burung kecial kombo si penghisap madu

Burung cucak kombo merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki label dilindungi. Jumlahnya yang tidak sedikit di habitatnya dan hubungan simbiosis mutualisme yang baik dengan beberapa tumbuhan adalah alasan kenapa kita harus melindungi pelestariannya. Dikatakan simbiosis mutualisme karena burung cucak kombo juga salah satu jenis burung pemakan nektar bunga. Dengan begitu cucak kombo akan membantu penyerbukan bunga yang secara tidak langsung perkembangbiakan tumbuhan di hutan akan terjadi secara alami.

Salah satu karakteristik cucak kombo dapat kalian lihat bentuk paruhnya yang sekilas mirip dengan burung kolibri atau sejenis burung penghisap madu. Panjang tubuhnya adalah sekitar 12 – 16 cm. Persebaran cucak kombo banyak ditemukan di pulau Bali dan kepulauan Nusa Tenggara. Sedangkan habitat asli burung ini adalah di sekitar hutan rindang yang terdapat banyak air seperti hutan bakau yang terdapat banyak macam makanan utamanya seperti nektar dan serangga kecil. Burung ini selalu terbang mengelilingi pohon – pohon untuk mencari makanannya dengan sedikit memperlihatkan keindahan cara terbangnya. Selain itu, pada musim kawin cucak kombo akan bersembunyi disemak-semak belukar dan bernyanyi riang diujung pucuk sebuah pohon untuk menarik perhatian pasangannya.

Cucak kombo, burung penghisap madu untuk suara burung masteran

Jenis kelamin burung cucak kombo

Membedakan Jenis Kelamin Burung Cucak Kombo

Untuk membedakan jenis kelamin burung cucak kombo jantan dan betina agak sulit untuk dilakukan bila tidak ada pembandingnya, apalagi burung tersebut masih muda butuh pengalaman dan ketelitian untuk menentukannya. Jadi mungkin akan lebih mudah apabila kalian memilih burung ini bila dalam sangkar ombyokan.

Apabila burung cucak kombo dewasa akan lebih mudah dalam membedakannya yaitu dilihat pada bentuk tubuhnya. Postur burung cucak kombo jantan lebih besar, dibalut punggung berwarna hijau kusam. Serta paruh tanpa garis kuning menandakan bila itu adalah burung cucak kombo jantan yang sangar. Sedangkan cucak kombo betina pada bagian paruh dan perut bagian bawah terdapat warna kuning dan disertai punggung yang cenderung berwarna kekuningan.

Cara Merawat Burung Cucak Kombo

Untuk memelihara burung ini haruslah dengan keseriusan yang tinggi karena cucak kombo termasuk burung yang rentan sakit bila salah dalam memberi pakan atau terlambat memberikan pakan. Namun pada dasarnya perawatan burung ini adalah cukup mudah dan hampir sama dengan teknik perawatan cucak ijo lainnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah menyediakan makanan kesukaannya dan meletakkanya ditempat yang nyaman.

Sebagai burung penghisap madu, untuk memelihara burung cucak kombo kalian juga harus memperhatikan jenis makanannya tersebut. Sari bunga wajib disiapkan layaknya nectar-nektar yang ada di alam bebas. Atau jika ingin membuat sendiri, kalian bisa kombinasikan campuran gula dengan air dengan takaran 4:1. Atau jika tidak ingin ribet, kalian bisa membeli nectar instan. Kalian juga perlu memberinya pakan ekstra seperti kroto maupun ulat hongkong untuk menjaga staminanya. Jika ingin dilatih untuk memakan voer, kalian bisa memberikannya secara bertahap, sedikit demi sedikit dicampur dengan pemberian kroto dan ulat hongkong.

Beberapa penghobi burung kicau memeliharanya untuk suara burung masteran. Meningkatnya elektabilitas burung cucak kombo berbanding lurus dengan kebutuhan pasar yang lumayan besar. Hal ini membuat peluang bisnis bagi para pehobi burung cucak kombo untuk menangkarnya. Merawat burung ini dengan baik akan membuat burung cucak kombo rajin berkicau atau gacor. Harga burung cucak kombo dipasaran berada pada kisaran diatas Rp 500.000 bila burung telah rajin berkicau. Sementara untuk harga bakalan cucak kombo sekitar Rp 75.000 sampai Rp 100.000.

Demikian ulasan singkat tentang burung cucak kombo yang kicauannya mulai digemari oleh pehobi burung kicau. Namun sedikit kesimpulan dan saran saja, karena cucak kombo adalah salah satu jenis burung yang dilindungi maka apabila kalian telah terlanjur membeli, maka rawatlah dengan baik, berikanlah makanan sesuai dengan porsi dan waktunya.

Semoga bermanfaat.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.