Cara Membuat Makanan Tambahan Kenari yang Bergizi Pasca Mabung

Selamat pagi para pecinta burung kicau, bagaimana kabar anda hari ini? Sudahkah anda memberi pakan dan memandikan burung kicau kesayangan? Semoga anda tidak lupa merawat burung kesayangan anda ya. Bagi anda pecinta kenari, khususnya kenari yang baru saja melewati masa mabung, ada sedikit tips bagaimana menyiapkan makanan tambahan kenari pasca mabung.

Cara Membuat Makanan Tambahan Kenari yang Bergizi Pasca Mabung

kenari mabung

Jenis pakan yang bergizi tinggi dari bahan telur bisa menjadi salah satu referensi makanan tambahan kenari pasca mabung atau saat meloloh anak. Mengapa perlu diberikan makanan tambahan? Karena pada saat kenari mabung, maka akan terjadi penurunan performa suara dan energy yang terkuras habis. Selain itu juga kondisi yang tidak enak pasca energy yang terkuras saat merontokan bulu. Oleh karena itu, untuk menunjang vitalitas pasca mabung, anda juga bisa memberikan racikan telur rebus. Hal ini juga bermanfaat untuk kenari yang kadang suka macet bunyi pasca ganti bulu. Selain itu juga telur rebus boleh diberikan kepada indukan kenari yang sedang meloloh anaknya agar mendapat asupan gizi yang cukup.

Tidak dipungkiri sekarang sudah banyak makanan tambahan kenari instan yang dijual banyak dipasaran. Banyak kita jumpai ditoko penjual pakan burung, baik made in Indonesia ataupun hasil racikan luar negeri. Bagaimana sih membedakannya? Makanan bergizi tinggi biasanya ditandai dengan kandungan protein yang tinggi. Komposisi yang seimbang dengan zat bergizi lainnya seperti energi metabolisme, lemak, protein, serat kasar, mineral dan vitamin.

Cara Membuat Makanan Tambahan Kenari yang Bergizi Pasca Mabungq

makanan tambahan kenari

Berikut tips membuat makanan tambahan kenari dari bahan telur yang bisa anda lakukan untuk burung kenari kesayangan anda dirumah:

Bahan Baku:

  • Telur ayam 1 butir dan biji bunga matahari ½ sendok teh yang sudah dikupas.
  • Sayuran dan buah-buahan yang sudah dicuci bersih, dan diiris kecil-kecil. Namun sayuran dan buah-buahan ini bersifat opsional saja. Jadi bisa digunakan kalau ada dan sebaliknya.

Cara Membuat Makanan Tambahan Kenari:

  • Rebuslah air dan masukkan telur tunggu hingga matang. Tiriskan dan setelah itu didinginkan.
  • Kemudian, kupas kulit telur dari cangkangnya. Letakkan di tempat yang terpisah antar telur dan cangkangnya (jangan dibuang).
  • Campur aduk semua bahan telur yang sudah matang dan terkupas tadi, pastikan sampai berbentuk cacahan halus.
  • Tumbuk juga cangkang telur hingga halus. Apabila anda memiliki alat penggiling, bisa digunakan alat tersebut untuk menghaluskan cangkang telur.
  • Selanjutnya, campur telur yang sudah dihaluskan dengan biji bunga matahari, aduk hingga merata. Baru kemudian masukkan cangkang telur dan aduk lagi.
  • Terakhir, jika makanan sudah tercampur semua dan sudah halus, maka makanan tambahan kenari sudah siap disajikan.
  • Opsional saja, Anda bisa juga memasukan buah-buahan atau sayuran yang sudah dipotong kecil.

Perlu diperhatikan, telur campuran ini hanya sebagai makanan tambahan kenari saja, Jadi jangan sampai dijadikan sebagai makanan utama. Fungsi lainnya dari makanan tambahan berbahan dasar telur tadi juga mampu memacu birahi kenari / finch, terutama saat proses penjodohan dan penangkaran. Selain itu juga sangat baik diberikan pada indukan kenari / finch yang sedang meloloh anaknya serta mampu membuat kenari gacor dan rajin bunyi.

Semoga bermanfaat.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.