Pengetahuan Dasar Burung Murai Batu

Murai batu batu tentu saja merupakan burung yang mana sudah memiliki banyak peminat diluar sana. Namun sebelum Anda berkecimpung pada pemeliharaan burung tersebut, sudah dapat dipastikan terlebih dahulu tentang bagaimana caranya mencari informasi lebih banyak mengenai burung tersebut. Ada banyak sekali hal yang perlu dimengerti bahwa burung tersebut memiliki banyak sekali hal yang harus dipelajari termasuk jenisnya. Murai batu memiliki beragam jenis yang mana tergantung pada habitat dan asalnya. Orang berbeda juga memiliki ketertarikan yang berbeda pula mengenai burung murai batu. Ada banyak jenis burung murai batu yang dapat dijadikan peliharaan termasuk murai batu Aceh, murai batu medan, murai batu lahat, murai batu lampung, murai batu jambi, dan juga murai batu borneo. Tiap jenis murai batu tersebut memiliki kualitas yang berbeda pula dalam hal penampilan dan juga performanya. Ini semua amat bergantung pada kebutuhan Anda dalam memilih jenis murai batu yang cocok dengan yang Anda inginkan.

Burung Murai batu

Murai batu

Setiap orang yang ingin memelihara burung tersebut pastinya juga harus mempertimbangkan banyak hal terutama dalam hal keuntungan dalam memelihara murai batu tersebut. Ada banyak alasan mengapa orang memelihara burung tersebut termasuk mudahnya mereka dalam beradaptasi. Burung murai batu sudah amat terkenal karena kualitas mereka dalam beradaptasi. Ini adalah jenis burung yang mana mudah beradaptasi dengan lingkungan Anda. Baik itu dalam sangkar maupun dalam ruang bebas, burung murai batu merupakan pilihan burung terbaik bila ini berkaitan umum pada bagaimana caranya untuk beradaptasi. Burung murai batu juga termasuk burung yang mana jarang sekali merasakan stress. Burung ini juga terbukti sebagai burung yang mana penyabar dan juga pesaing. Sudah banyak memang orang yang menyukai murai batu tersebut karena dapat menjadi amat positif dalam segi kualitasnya untuk dijadikan sebagai burung yang memiliki manfaat utama untuk burung peliharaan.

Manfaat berikutnya adalah mengenai fakta bahwa murai batu tersebut merupakan burung yang jinak. Murai batu terkenal karena kejinakannya. Jika burung tersebut terpancing dengan suara, maka burung tersebut akan terus membalas. Banyak sekali orang yang tertarik untuk memiliki burung tersebut karena memang berkualitas dalam hal suara dan juga penampilan. Burung ini akan selalu menjadi pilihan terbaik pada mereka yang mana ingin mencoba memperlombakan burung tersebut pada banyak kompetisi. Untuk pola tertentu, burung tersebut dapat dilatih dalam bermacam media dan metode termasuk metode perekaman. Bila Anda tertarik untuk memelihara burung tersebut, ada beberapa tips mengenai cara perawatan yang tepat mengenai burung tersebut. Cara perawatan yang pertama adalah ketika burung tersebut sedang berada pada kondisi sehat. Biasanya ada tiga kondisi dari burung tersebut yang perlu Anda perhatikan. Kondisi tersebut adalah kondisi sehat, kondisi birahi memuncak, dan juga kondisi saat drop. Tentu pemilik burung murai harus lebih mampu dalam mengidentifikasi hal-hal tersebut. Dalam keadaan sehat, Anda dapat mempertimbangkan untuk merawatnya dengan membiarkannya untuk mendapatkan angin dan cahaya dimalam hari. Ini hanya memerlukan waktu sekitar setengan jam saja.

Jangan lupa untuk memperhatikan asupan makanannya. Ini berarti Anda perlu untuk secara rajin mengganti pakannya maksimal 2 kali sehari. Simpan pakan tersebut dalam toples dan letakkan dalam sangkarnya. Bersihkan selalu sangkar tersebut untuk menghindarkan burung tersebut mendapat masalah dari segi kesehatan. Bila murai batu Anda drop, tentu Anda harus memeriksakan ke ahli mengenai masalah penyakit apa yang sedang diderita.

Posted by masmek

Pehobi burung kicau yang sedang memelihara dua pasang jalak suren, 3 indukan perkutut jawa, 1 pejantan kacer poci, 2 indukan kenari loper dan 2 indukan trucukan.