Burung Kicau Eksotis di Indonesia yang Perlu Dilindungi

Burung kicau eksotis merupakan burung dengan penampilan unik dan juga cantik. Burung-burung ini banyak sekali peminatnya, namun sebagian besar terancam kepunahan. Selain memiliki kemampuan berkicau yang bagus, burung ini memiliki penampilan yang sangat menawan. Sebagai pencinta burung kicau, pastikan Anda mengetahui burung kicau yang unik dan cantik tersebut. Untuk Anda yang belum mengetahui apa saja burung-burung kicau paling eksotis di Indonesia, simak ulasan berikut. Berikut ini akan dibagikan informasi mengenai burung kicau yang paling eksotis di Indonesia.

Burung Kicau Eksotis di Indonesia

Ini dia burung kicau eksotis di Indonesia yang dapat dibagikan:

  1. Burung Cendrawasih Biru
burung cendrawasih biru

burung cendrawasih biru

Burung yang memiliki nama ilmiah Paradisaea Rudolphi merupakan burung jenis Cendrawasih berukuran sedang. Burung kicau yang satu ini memiliki panjang tubuh sekitar 30 cm dan merupakan genus Paradisaea. Tidak seperti menemukan sarang Murai Batu di alam liar, sarang burung ini cukup sulit ditemukan. Burung ini banyak tersebar di hutan-hutan pegunungan di Papua Nugini, lebih tepatnya yaitu di bagian timur dan tenggara. Biasanya burung-burung tersebut menyukai tempat dengan ketinggian 1,4 sampai 1,8 km diatas permukaan laut. Burung satu ini memiliki penampilan yang cantik, bulu-bulunya yang biru sangat memukau.

  1. Burung Cendrawasih Merah

Selain biru, burung Cendrawasih Merah juga merupakan salah satu burung kicau eksotis di Indonesia. Burung ini memiliki nama ilmiah Paradisaea Rubra, burung ini juga merupakan burung kicau berukuran sedang. Ukuran burung ini yaitu sekitar 33 cm dan memiliki marga Paradisaea. Burung yang unik dengan bulu-bulu merahnya ini dapat ditemukan di hutan dataran rendah di Pulau Waigeo. Selain itu juga dapat pula ditemukan di Pulau Batana, kedua pulau tersebut berlokasi di Raja Ampat, Irian Jaya Barat. Burung ini mungkin sudah terbiasa dengan pertarungan di alam liar karena hidup di hutan.

  1. Burung Merak Biru

Burung eksotis lain yang ada di Indonesia yaitu burung Merak Biru. Burung yang satu ini juga sering disebut dengan Merak India, nama ilmiahnya yaitu Pavo Cristatus. Burung ini merupakan salah satu dari 3 spesies burung Merah. Seperti nama yang diberikan, burung kicau eksotis ini memiliki bulu yang berwarna biru. Namun warna birunya tampak sedikit gelap dan mengkilap, tampak indah dan cantik. Untuk yang jantan dapat memiliki badan besar dengan panjang mencapai 230 cm, ekornya dapat berwarga hijau metalik. Burung kicau unik ini tersebar di hutan-hutan terbuka, burung ini terancam kepunahan.

  1. Burung Jalak Bali

 

Jalak Bali, Satwa Langka yang Terancam Punah

Jalak Bali

Burung kicau eksotis ini memiliki bulu yang sangat cantik, berwarna putih dengan sedikit campuran warna hitam. Burung ini termasuk burung yang hanya dapat ditemukan di Pulau Bali bagian barat, tentunya di hutan-hutan. Burung jalak Bali merupakan satu-satunya endemik Bali, pada tahun 1991 burung ini dinobatkan sebagai lambang dari fauna di Bali. Sudah jelas, burung ini dilindungi oleh Undang-Undang demi keberlangsungan hidupnya.

  1. Cekakak-Hutan Melayu

Untuk Anda yang biasa mengoleksi wallpaper burung bergerak, mungkin Anda pernah melihat burung kicau yang satu ini. Perlu Anda ketahui, burung ini memiliki suara yang khas dan juga sangat unik. Umumnya burung ini bersuara keras dan hasil siulannya dapat dihasilkan sekitar 1 nada per detiknya.

Itulah burung-burung kicau yang eksotis, tidak hanya pandai berkicau tetapi memiliki penampilan yang cantik. Burung-burung tersebut perlu dilindungi keberadaannya karena terancam punah. Jika Anda menyukai burung-burung tersebut, Anda dapat menyimpan gambar-gambarnya. Jadikan koleksi pribadi Anda sebagai pencinta burung kicau, baik di HP atau perangkat lain. Demikian yang dapat disampaikan mengenai burung kicau eksotis di Indonesia, semoga bermanfaat.