Beberapa Jenis Spesies Burung Kicau Murah Suara Merdu

Apa yang menarik dari burung kicau? Mungkin bagi orang awam, burung terlihat biasa saja dan tidak ada yang menarik. Tapi bagi para pecinta burung, suara merdu burung adalah satu daya tarik yang luar biasa. Burung kicau pun kini menjadi buruan para kolektor burung, baik untuk menghiasi rumah dengan suara-suara merdu mereka ataupun diikutsertakan dalam lomba. Ada beragam burung kicau, baik yang harganya selangit ataupun murah. Biarpun murah bukan berarti murahan. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai burung kicau murah suara merdu.

harga burung kicau 2014

Beberapa jenis burung kicau suara merdu

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, termasuk keberadaan berbagai jenis burung yang luar biasa banyaknya dengan keunikan tersendiri. Banyak jenis burung kicau yang berasal dari Indonesia. Bahkan banyak burung kicau murah suara merdu yang juga berasal dari Indonesia, dibandingkan burung kicau dari negara lain. Meskipun harganya terbilang murah, bukan berarti suara burungnya murahan dan tidak indah. Bahkan beberapa diantaranya menjadi favorit pecinta burung di dunia. Luar biasa bukan, kekayaan alam kita?

Nah, berikut ini adalah beberapa burung kicau suara merdu dengan harga murah yang bisa Anda pelihara di rumah. Diantaranya adalah:

  1. Cucak hijau

Salah satu jenis burung kicau merdu adalah cucak hijau. Cucak hijau atau cucak ijo berbeda duku dengan cucak rowo ataupun cucak yang lainnya. Nama ilmiah dari cucak hijau adalah Chloropsis Sonnerati. Sesuai dengan namanya, burung ini memiliki bulu tubuh yang seluruhnya dominan berwarna hijau. Sebetulnya burung cucak hijau ini satu kerabat dengan burung cipoh. Burung kicau murah suara merdu yang satu ini banyak digandrungi oleh para pecinta burung. Burung yang satu ini memiliki ukuran tubuh sedang sekitar 22 cm. Warna hijau daun mendominasi tubuh burung, termasuk bagian ekor dan sayapnya. Sedangkan bagian tenggorokan dan pipinya berwarna hitam berkilau.

  1. Cucak Rowo

Jika sebelumnya disinggung mengenai burung kicau murah suara bagus cucak hijau, kini kita beralih pada jenis cucak yang lainnya. Burung kicau murah suara merdu selanjutnya adalah cucak rowo. Baik pecinta burung ataupun masyarakat awam pasti tak asing dengan nama burung yang satu ini karena namanya sempat terkenal melalui sebuah lagu dengan judul yang sama. Burung tersebut termasuk burung berukuran besar dengan panjang 28 cm, kepala pucat, kumis hitam mencolok. Punggungnya berwarna cokelat zaitun. Adapun keunikan lain burung ini adalah mahkota dan penutup telinga berwarna jingga jerami, sayap dan ekor cokelat kehijauan, sedangkan bagian dagu dan tenggorokan berwarna putih. Dadanya berwarna abu-abu.

  1. Kacer

Burung kicau murah berkualitas tak bisa lepas dari kacer. Kacer merupakan burung paling favorit bagi pecinta burung, terutama di area lomba kicau burung. Suaranya yang gacor menjadi daya pikat. Namun hati-hati saja kalau sampai mbagong, jika sedang asyik-asyiknya ditampilkan dalam sebuah pertunjukkan ekornya akan ngebyak-ngebyak, dadanya pun membusung. Alhasil pemilik burung pun down. Namun kacer mbagong tetap bisa di atasi. Jika perawatan terhadap kacer benar, suaranya bisa jadi paling gacor.

  1. Cendet

Cendet merupakan salah satu burung kicau murah suara merdu. Burung ini merupakan burung predator yang memiliki suara isian yang baik. Banyak orang berpikir bahwa merawat burung yang satu ini sulit padahal sebenarnya tidak. Merawat burung yang satu ini sama mudahnya merawat burung kicau lainnya. Cendet bisa menirukan suara burung lainnya sehingga banyak orang menganggapnya sebagai burung cerdas. Sayangnya, cendet masih kurang diminati padahal harganya tak lebih dari harga burung kutilang.

Sebenarnya masih banyak lagi burung kicau murah suara merdu lainnya. Jika Anda masih bingung dan butuh banyak referensi jenis burung kicau, bisa Anda mendatangi langsung pasar burung atau bertanya pada ahlinya, atau orang-orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia burung kicau.